News

Diingatkan Tak Jadi Benalu di Koalisi Jokowi, PSI Balas PAN

Diingatkan Tak Jadi Benalu di Koalisi Jokowi, PSI Balas PAN

PAN mengingatkan PSI tidak menjadi benalu di koalisi pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Ini merupakan respons PAN terhadap PSI yang (juga) mengingatkannya agar tidak bermain politik dua kaki setelah menjadi ‘sahabat baru’ di koalisi Jokowi.

Lebih lanjut, PSI menegaskan partainya tidak akan menjadi benalu di koalisi Jokowi. ‘Berpotensi’ menjadi benalu pun tidak akan pernah dilakukan PSI di koalisi pemerintah saat ini.

“Terima kasih sudah mengingatkan PSI agar tidak jadi benalu. Insya Allah PSI tidak pernah dan tidak akan pernah menjadi benalu. Silakan saja cek ke pak Jokowi dan kiai Ma’ruf, apa selama sekitar 2 tahun ini PSI menjadi benalu? Berpotensi jadi benalu pun tidak,” kata juru bicara PSI Nanang Priyo Utomo, Jumat (27/8/2021).

Nanang lantas menyebut PAN sebagai ‘koalisi junior’. Dia meminta si koalisi junior itu mengecek persoalan benalu itu ke koalisi senior.

“Silakan kawan-kawan PAN sebagai anggota ‘koalisi junior’ cek ke partai-partai ‘koalisi senior’ lain,” tegasnya.

Nanang kemudian menjelaskan apa yang disampaikan oleh Sekretaris Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni terkait PAN bermain politik dua kaki tidak lebih dari sebagai pengingat fakta sejarah. Dia mengatakan hal itu penting disampaikan kepada ‘koalisi junior’.

“Bro Raja, Sekretaris Pembina PSI, sekadar mengingatkan saja kepada sejarah dan fakta politik bahwa PAN pernah bermain politik dua kaki. Hal ini perlu disampaikan kepada PAN secara baik-baik karena PSI berada di sisi kepentingan pak Jokowi,” ungkap dia.

Jubir PSI itu pun menekankan partainya selalu mendukung pemerintah Jokowi-Ma’ruf Amin tanpa disertai kepalsuan. Dia mengingatkan PAN untuk tidak mengkhianati Jokowi selama berkoalisi di pemerintahannya.

“Mau dibilang benalu pun PSI adalah partai yang konsisten mendukung pak Jokowi sejak awal secara terbuka, tanpa ada kepalsuan. Sebagai kawan yang baik, PSI hanya mengingatkan PAN, jangan pernah khianati Jokowi lagi. Itu saja! Papar Nanang.

PAN Minta PSI Tak Jadi Benalu

Sebelumnya, juru bicara DPP PAN Rizki Aljupri menegaskan partainya tidak pernah bermain politik dua kaki. Rizki lantas membeberkan fakta pada momen Pilpres 2019 yang mana partainya saat itu mendukung pasangan Prabowo – Sandiaga Uno.

“Perlu dicatat, PAN tidak pernah bermain politik dua kaki. Salah satu bukti nyatanya adalah salah satu kader terbaik kami, bapak Asman Abnur secara ksatria mundur dari posisinya sebagai Menpan-RB hanya beberapa hari setelah PAN resmi memberikan dukungan kepada pasangan Prabowo – Sandi di pertengahan tahun 2018,” jelas Rizki, Kamis (26/8/2021).

Rizki kemudian meminta PSI setop ikut campur urusan partai lain. Dia pun meminta PSI memfokuskan diri pada strategi politik untuk mencapai ambang batas parlemen di Pileg 2024 mendatang.

“Saran kami untuk PSI, lebih baik tidak usah mencampuri dapur partai lain. Masing-masing partai pasti memiliki strategi elektoral yang berbeda. Lebih baik teman-teman PSI fokus bagaimana lolos ambang batas parlemen di Pemilu Legislatif 2024,” tambah dia.

Barulah juru bicara DPP PAN itu mengingatkan PSI agar tidak menjadi benalu di koalisi pemerintah Jokowi-Ma’ruf Amin. Dia pun membeberkan alasan dasar PAN berpindah haluan masuk koalisi pemerintah.

“Saat ini fokus pemerintah adalah mengatasi pandemi dan pemulihan ekonomi nasional. Ini-lah yang menjadi dasar PAN bergabung dalam koalisi pemerintah. Semangatnya adalah gotong royong,” tegas Rizki.

“PSI jangan sampai menjadi benalu di dalam koalisi pemerintah!” sambung dia.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top