News

‘Diketawain’ Ahok, Haji Lulung: Dia Beri Contoh Gak Baik!

‘Diketawain’ Ahok, Haji Lulung: Dia Beri Contoh Gak Baik!

Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok merespons pernyataan anggota DPR Fraksi PAN Abraham Lunggana alias Haji Lulung terkait pesta bareng Raffi Ahmad. Haji Lulung sebelumnya meminta aparat penegak hukum untuk memanggil dan memeriksa Ahok lantaran tidak mengindahkan protokol kesehatan saat berpesta.

Namun, ia justru merespons-nya dengan santai. Ia mengirimkan stiker ‘ketawa’.

Lebih lanjut, Ahok juga mengirimkan isi berita terkait pernyataan aparat penegak hukum, dalam hal ini Kabid Humas Polda Metro Jaya Yusri Yunus. Yusri Yunus dalam isi berita tersebut menyatakan belum ada unsur pidana terkait pesta yang dihadiri oleh mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Haji Lulung Bersuara

Haji Lulung merespons Ahok yang hanya mengirim stiker ‘ketawa’ dan isi pemberitaan terkait pesta bareng Raffi Ahmad. Wakil Ketua Umum PAN itu menyebut Ahok termasuk orang yang ‘sulit’ dikritik. Sebab, lanjutnya, ia berada di barisan penguasa.

“Ya udahlah. Kalau saya ngelihat gini. Ini kan kita ngelihat sekarang nih siapa yang berkuasa. Saya melihat siapa yang berkuasa hari ini. Jadi kalau kita yang ngritik yang berkuasa ya nggak bisa-lah. Makanya dilawannya cuma ketawa kan,” balas Haji Lulung, Selasa (19/1/2021).

Menurut Haji Lulung, tindakan Ahok yang menghadiri pesta bareng Raffi Ahmad itu mengabaikan protokol kesehatan. Ia menilai petinggi PT pertamina itu telah memberi contoh yang tidak baik di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga hari ini.

“Ahok kan tokoh, memberi contoh yang nggak baik juga kan dia. Sekarang dia memberi contoh yang nggak baik, ngumpul sambil nyanyi-nyanyi (saat berpesta) dalam kondisi seperti ini,” tegasnya.

Pantun Hati-hati Berbicara!

Haji Lulung kemudian menyoroti peristiwa wafatnya Habib Ali bin Assegaf, beberapa hari yang lalu. Ia menyayangkan tindakan Ahok yang merupakan seorang tokoh publik justru tidak mengindahkan protokol kesehatan.

“Di pengajian aja beri perhatian. Kayak kemarin tuh Habib Ali meninggal. Kita mau salatin aja masih diberikan syarat-syarat kan, jangan ngumpul, harus menerapkan protokol kesehatan. Ini di ruang tertutup nyanyi-nyanyi. Itu kan melanggar protokol kesehatan,” terang Haji Lulung.

Lebih lanjut, politikus PAN itu melayangkan pantun peringatan kepada Ahok. Ia meminta Komisaris Utama PT Pertamina itu berhati-hati dalam berbicara.

“Makanya saya bilang balik lagi kalau kita memberikan masukan segala macam, balik lagi kita, siapa yang berkuasa hari ini. Gitu aja. Makanya dilawan ketawa sama dia,” tutur Haji Lulung.

“Es kemong pakai roti, kalau ngomong hati-hati!” sambungnya.

Sebelumnya, Ahok menghadiri pesta ulang tahun seorang pengusaha berinisial RG. Tidak hanya Ahok, artis ternama Raffi Ahmad, Nagita Slavina hingga Anya Geraldine juga turut memeriahkan pesta tersebut.

Total tamu yang menghadiri pesta ulang tahun RG adalah 18 orang. Ahok sendiri trlihat melepas masker saat bernyanyi. Karena tak mengindahkan protokol kesehatan, Haji Lulung pun meminta Ahok dipanggil dan diperiksa oleh aparat penegak hukum.

“Ahok dipanggil, suruh haji Lulung, bilang. Harus diperiksa. Emang Ahok siapa? Ahok warga negara biasa, nggak ada yang istimewa,” tegas Haji Lulung, Senin (18/1/2021).

Pihak polisi, dalam hal ini Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menyatakan bahwa penyelenggaraan pesta ulang tahun pengusaha tersebut belum ditemukan unsur pidana. Namun, lanjut Yusri Yunus, pihaknya akan tetap melakukan gelar perkara.

“Belum ditemukan (unsur pidana), tapi akan kita gelarkan (perkara),” terang Yusri Yunus, Senin (18/1/2021).

To Top