News

Dirjen Perdagangan Luar Negeri Resmi Jadi Tersangka Kasus Kelangkaan Minyak Goreng!

Dirjen Perdagangan Luar Negeri Resmi Jadi Tersangka Kasus Kelangkaan Minyak Goreng!

Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) dengan inisial IWW sebagai tersangka atas dugaan korupsi dalam pemberian fasilitas ekspor CPO (Crude Palm Oil).

"Kami menetapkan tersangka 4 orang pejabat eselon 1 pada Kemendag berinisal IWW, dirjen perdagangan luar Negeri Kemendag telah terbitkan secara melawan hukum persetujuan ekspor terkait CPO dan produk turunannya," ujar Jaksa Agung ST Burhanuddin, Selasa (19/4/2022). 

Selain Dirjen Perdangan Luar Negeri Kemendag, Kejagung juga menetapkan tiga tersangka lain dari tiga perusahaan swasta.

Lihat Juga: Tersangka Mafia Minyak Goreng, Mendang: Akan Diumumkan Polri

Di antaranya yaitu Komisaris PT Wilmar Nabati Indonesia berinisial MPT, Senior Manager Corporate Affair Permata Hijau Grup (PHG) berinisial SMA dan General Manager pada bagian General Affair PT Musim Mas berinisial PT. Keempat tersangka tersebut akan ditahan selama 20 hari.

Mereka ditahan di tempat berbeda SMA dan PT ditahan di Rutan Salemba cabang Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan. sementara IWW dan MPT di rutan Salemba cabang Kejagung.

Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag pernah Jadi Saksi KPK

Sebelum menjadi tersangka kasus minyak goreng langka, dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag pernah jadi saksi untuk beberapa kasus korupsi yang ditangani oleh KPK.

Berdasarkan catatan, pada 2019 lalu ia pernah diperiksa oleh penyidik KPK atas kasus suap kuota impor ikan. Dia menjadi saksi dalam kasus yang menjerat Direktur Utama Perum Perikanan Indonesia (Perindo), Risyanto Suanda itu.

Dalam kasus tersebut, KPK menetapkan Risyanto dan Mujib Mustafa selaku Direktur Utama PT Navy Arsa Sejaktera sebagai tersangka.

Selain itu, Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag itu juga pernah jadi saksi suap impor bawang putih. Ia menjadi saksi untuk I Nyoman Dhamantra yang kala itu menjabat sebagai anggota DPR RI Fraksi PDIP.

Lihat Juga: Imbas Minyak Goreng Langka, Ombudsman hingga KPK Akan Turun Tangan

Saat proses penyidikan berjalan, KPK sempat menggeledah ruangan Dirjen Perdagangan Lua Negeri Kemendag pada Senin, (12/8/2019).

Kasus suap impor bawang putih tersebut berawal dari Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK pada awal bulan Agustus 2019. Dari OTT itu, KPK menetapkan enam orang sebagai tersangka, salah satunya Nyoman.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top