News

Disebut Akan Jadi Menkes, Siapa Budi Gunadi Sadikin?

Disebut Akan Jadi Menkes, Siapa Budi Gunadi Sadikin?

Nama Budi Gunadi Sadikin ramai diperbincangkan publik setelah beredar isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju. Budi dikabarkan akan menggantikan Terawan Agus Putranto sebagai Menteri Kesehatan (Menkes).

Saat ini, Budi tengah menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN. Lantas, siapa sebenarnya Budi Gunadi Sadikin?

Bankir Senior

Budi Sadikin Gunadi dikenal sebagai seorang profesional yang sudah berpengalaman dalam urusan perbankan. Bahkan, karena sepak terjangnya yang ciamik, ia kerap disebut banker senior.

Bukan tanpa alasan Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada Oktober 2019 lalu, mengangkatnya sebagai Wakil Menteri BUMN. Jokowi berharap Budi menyumbangkan lompatan besar bagi perusahaan pelat merah itu mendampingi Menteri Erick Thohir.

“Jadi ada dua wakil menteri di BUMN. Keduanya berasal dari Bank Mandiri, banker. Saya harapkan ada lompatan besar baik dalam evaluasi aset-aset yang ada, untuk mencari partner-partner yang baik sehingga BUMN kita benar-benar menjadi perusahaan yang punya reputasi baik di dunia global,” tutur Jokowi pada Oktober 2019 lalu.

Lulusan Sarjana Fisika Nuklir

Ternyata sosok yang kerap disebut bankir senior ini lulusan Sarjana Nuklir di Institut Teknologi Bandung (ITB). Awal karier Budi Gunadi Sadikin pun bukan di dunia perbankan.

Pria kelahiran 8 Juli 1964 itu diketahui mengawali kariernya sebagai Staff Teknologi Informasi IBM Asia Pasifik, Tokyo, Jepang, pada tahun 1988. Kemudian, Budi dipindahkan ke IBM Indonesia dengan jabatan terakhir sebagay System Integration & Professional Services Manager.

Karier Budi Gunadi Sadikin di Perbankan

Perjalanan karier Budi Gunadi Sadikin di perbankan dimulai di Bank Bali. Pria yang saat ini berusia 56 tahun itu menjabat sebagai General Manager Electronic Banking wilayah Jakarta. Kemudian, ia juga menduduki kuri Chief General Manager Humar Resources hingga tahun 1999.

Budi melanjutkan perjalanan kariernya di dunia perbankan di ABN Amro Bank Indonesia. Ia menduduki posisi Direktur Consumer dan Commercial Banking untuk ABN Amro Bank Indonesia & Malaysia hingga tahun 2004.

Sarjana Fisika Nuklir ini kemudian merapat ke Bank Danamon. Ia menjabat sebagai Executive Vice President Consumer Banking. Selain itu, Budi juga diketahui pernah menjabat sebagai Direktur di Adira Quantum Multi Finance.

Karier Budi Gunadi Sadikin di BUMN

Perjalanan karier Budi Gunadi Sadikin di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dimulai pada tahun 2006. Pada tahun itu, ia menduduki kursi Direktur Micro & Retail Banking di PT Bank Mandiri (Persero).

Pada tahun 2013, Budi diangkat sebagai Direktur Utama Bank Mandiri. Ia menjalani karier tersebut hingga 21 Maret 2016.

Pada tahun 2016, Ia dipercaya menjadi Staf Khusus Menteri BUMN. Pada tahun itu juga ia diketahui menjadi Anggota Dewan Penasihat Asosiasi Fintech Indonesia.

Di tahun berikutnya, Budi Gunadi diparcaya menjadi Komisaris Utama PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum. Masih pada tahun yang sama, tepatnya pada 14 September 2017, ia diangkat menjadi Direktur Utama Inalum.

Kemudian, pada Oktober 2019 lalu, Presiden Jokowi menunjuk Budi sebagai Wakil Menteri BUMN.

Potensial Gantikan Terawan Jadi Menkes

Budi Gunawan Sunadi disebut-sebut menjadi sosok yang potensial menggantikan Terawan sebagai Menteri Kesehatan. Hal ini sebagaimana dikatakan oleh pakar epidemiologi, Pandu Riono.

“Budi Gunadi Sadikin punya visi dan semangat atasi pandemi secepatnya. Budi layak jadi Menkes yang baru. Ia punya cita-cita 16 juta vaksinasi dilakukan sebulan. Menkes tidak perlu dokter untuk mereformasi manajemen dan sistem kesehatan yang lumpuh,” ujar Pandu.

Akankah Budi Gunadi Sadikin menggeser posisi Terawan Agus Putranto sebagai Menteri Kesehatan?

To Top