News

Disentil Jokowi!, Anies Kini Longgarkan Rem Darurat Kembali PSBB Transisi

Anies Kini Longgarkan Rem Darurat Kembali PSBB Transisi

Anies Baswedan putuskan melonggarkan rem darurat dan kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi mulai 12-25 Oktober 2020. Anies mengklaim terjadi pelambatan kasus penyebaran virus corona (Covid-19).

“Pemprov DKI memutuskan mengurangi kebijakan rem darurat bertahap dan memasuki PSBB masa transisi dengan ketentuan baru dua pekan ke depan mulai 12-25 Oktober 2020,” kata Anies dalam keterangannya, Minggu (11/10).

DKI Jakarta sebelumnya kembali menerapkan PSBB mulai 14 September 2020. PSBB di Ibu Kota sempat diperpanjang pada 28 September dan berakhir Minggu (11/10). 

Meski telah kembali menerapkan PSBB, jumlah kasus positif Covid-19 di Jakarta belum menunjukkan penuruna. Berdasarkan data Pemprov DKI, sejak 14 September sampai dengan 10 Oktober kemarin, tercatat jumlah kasus positif di Jakarta bertambah sebanyak 29.691 kasus. 

Sebanyak 28.162 orang dinyatakan sembuh dari Covid selama periode tersebut. Sedangkan, jumlah pasien yang meninggal akibat Covid-19 di periode PSBB jilid II mencapai 437 orang. 

Secara total, jumlah kasus positif di Jakarta sejak awal pandemi sampai Sabtu (10/10) mencapai 85.617 kasus. Dari jumlah tersebut, sebanyak 70.487 orang dinyatakan sembuh, dan 1.877 orang meninggal dunia. 

Untuk kasus aktif di Jakarta, saat ini berjumlah 13.253 kasus. Mereka masih menjalani perawatan dan isolasi mandiri.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyindir para kepala daerah dengan mengatakan :

Rapat Terbatas Laporan Komite Penanganan Covid 19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, 14 September 2020

“Intervensi untuk pembatasan berskala lokal penting sekali penting dilakukan, baik manajemen intervensi dalam skala lokal maupun komunitas. Sehingga jangan buru-buru menutup sebuah wilayah, menutup sebuah kota, menutup sebuah kabupaten,” kata Jokowi.

“Dan kalau kita kerja berbasis data, langkah-langkah intervensinya berjalan efektif dan bisa segera menyelesaikan masalah-masalah di lapangan,” tambahnya.

Jokowi menyarankan setiap daerah mengedepankan pembatasan sosial berskala mikro atau lokal.

Komentar Presiden Jokowi mengemuka dalam rapat terbatas penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi yang disiarkan dalam saluran You Tube Sekretariat Presiden, Senin (14/09).

Pernyataan itu diucapkannya saat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada Senin (14/09) hingga selama dua pekan ke depan

To Top