News

Diserahkan Bareskrim Polri, Ferdy Sambo dkk Resmi Jadi Tahanan Kejagung

Ferdy Sambo Jadi Tahanan Kejagung

Seluruh tersangka obstruction of justice dan pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, termasuk Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Candrawathi resmi jadi tahanan Kejaksaan Agung (Kejagung) setelah diserahkan penyidik Bareskrim Polri.

Lima orang tersangka pembunuhan berencana serta tujuh tersangka obstruction of justice saat ini telah mengenakan rompi merah milik Kejagung.

Ferdy Sambo dkk Ditampilkan di Depan Publik

Ferdy Sambo dan Putri diketahui lebih dulu meninggalkan Kejagung pada pukul 12.57 WIB. Menggunakan kendaraan taktis, Sambo dibawa ke Rumah Tahanan (Rutan) Mako Brimob. Sementara Putri Candrawathi kini ditempatkan di Rutan Salemba, Jakarta Pusat.

Lihat Juga: Drama Lanjutan Ferdy Sambo: Sama-sama Jadi Tersangka, Bripka RR dan Bharada E Serang Balik Sambo

Setelah itu, Jaksa Penuntun Umum (JPU) Kejagung memperlihatkan tersangka Bripka Ricky Rizal dan Kuat Ma’ruf secara bersamaan. Sedangkan Bharada E alias Bharada Richard Eliezer menjadi tersangka terakhir yang ditunjukkan di depan publik.

Setelahnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejagung menampilkan tersangka Kuat Ma’ruf dan Bripka Ricky Rizal secara bersamaan. Sedangkan Bharada Richard Eliezer menjadi tersangka pembunuhan berencana terakhir yang ditampilkan ke publik.

Ketuga lalu dibawa ke Rutan Bareskrim Polri sebagai tahanan Kejagung. Berikutnya giliran dua tersangka obstruction of justice yang ditampilkan JPU, mereka yaitu Brigjen Hendra Kurniawan dan Kombes Agus Nur Patria. Keduanya lalu dibawa ke Rutan Mako Brimob.

Sementara itu, empat tersangka lainnya yakni Kompol Chuck Putranto, Kompol Baiquni Wibowo dan AKP Irfan ditahan di Rutan Bareskrim Polri. Sedangkan AKBP Arif Rahman dititipkan ke Rutan Mako Brimob.

Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Umum Kejagung Fadil Zumhana menyampaikan sembilan seluruh tersangka, termasuk Ferdy Sambo nantinya disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan. Dia memastikan taka da pemindahan lokasi sidang seperti yang dikatakan Komisi Yudisial (KY).

“Sampai saat ini belum mempertimbangkan perlunya memindahkan tempat persidangan. Senin saya limpahkan, berarti tidak ada,” kata dia dalam konferensi pers, Rabu (5/10/2022).

Lihat Juga: Putri Candrawathi Ditahan: Saya Ikhlas Diperlakukan Seperti Ini

Fadil juga menyebut proses persidangan akan berjalan transparan. Sebab, kasus yang menjerat mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo itu menjadi perhatian publik, termasuk Presiden Joko Widodo.

“Kami yakin PN Jakarta Selatan akan bekerja semaksimal mungkin, Presiden minta transparan,” kata Fadil.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top