News

Disetujui Jokowi, Tito Pastikan Provinsi Baru Bernama Papua Selatan

Disetujui Jokowi, Tito Pastikan Provinsi Baru Bernama Papua Selatan

Usai mendampingi Presiden Joko Widodo ke Papua, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memastikan pemerintah pusat menyetujui penambahan provinisi di Papua yakni Papua Selatan.

“Sepertinya dari pemerintah pusat kemungkinan mengakomodir hanya penanbahan 2 provinsi. Ini yang lagi kita jajaki, yang jelas Papua Selatan udah okelah,” kata Tito di Kemendagri, Jakarta Pusat, Selasa (29/10).

Tito menjelaskan, untuk membahas soal pemekaran provinsi baru ini, dirinya telah bertemu dengan Bupati Merauke Frederikus. Nantinya, Provinsi Papua Selatan bakal mengambil Kabupaten Mappu, Boven Digoel, Asmat dan Kabupaten Marauke yang ada di sebagian Provinsi Papua.

Dengan begitu, kemungkinan akan ada pemekaran daerah tingkat kota untuk memenuhi syarat administratif lima daerah tingkat kabupaten/kota untuk pemekaran provinsi. Untuk itu Merauke akan dibagi menjadi dua, yaitu Kabupaten Merauke dan Kota Merauke.

“Kalau ada kota Merauke maka oke. Papua Selatan hampir tidak ada masalah termasuk Gubernur, Pak Lukas Enembe tidak ada masalah,” demikian Tito.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top