News

Ditahan! Habib Bahar bin Smith Kembali Jadi Tersangka Ujaran Kebencian

Ditahan! Habib Bahar bin Smith Kembali Jadi Tersangka Ujaran Kebencian

Polda Jawa Barat menetapkan Habib Bahar bin Smith menjadi tersangka dalam kasus penyebaran berita bohong alias hoax. Ia menjadi tersangka usai diperiksa oleh penyidik.

“Fakta penyidikan dan pemeriksaan hari ini penyidik mendapat dua alat bukti yang sah dan didukung barang bukti jadi penyidik menaikkan status hukum BS jadi tersangka,” kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Barat Kombes Arief Rachman di Mapolda Jawa Barat, Jl Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Senin (3/1/2022).

Bahar bin Smith diperiksa terkait laporan yang awalnya dilaporkan kepada Polda Metro Jaya dengan nomor laporan polisi B 63354/12/2021 SPKT PMJ 2021. Bahar sendiri memenuhi panggilan penyidik Polda Jawa Barat untuk menghadiri pemeriksaan.

Lihat Juga: Viral Video Ceramah Habib Bahar bin Smith Singgung KSAD Jenderal Dudung

Ia datang sekira pukul 12.15 WIB dengan didampingi oleh tim kuasa hukum. Arief menuturkan penetapan tersangka ini telah sesuai dengan alat bukti yang dimiliki penyidik. Polisi mengatakan demi kepentingan penyidikan, Bahar ditahan.

“Demi kepentingan penyidikan, penyidik melakukan penangkapan dan lalu dilanjutkan dengan penahanan,” ucap Arief.

Seperti dilaporkan, Polda Jawa Barat meningkatkan status penyelidikan ke penyidikan terkait kasus ujaran kebencian yang menjerat Bahar bin Smith. Kepolisian menyebut perkara ini terkait dengan penyampaian Bahar dalam salah satu acara di Bandung.

Pengunggah Video Ceramah Habib Bahar bin Smith Juga Ditahan

Bahar dijadikan tersangka dan ditahan di Polda Jawa Barat lantara diduga menyebarkan hoax dalam sebuah ceramah. Bukan hanya Bahar bin Smith, pengunggah video ceramah tersebut yaitu TR juga dijadikan tersangka.

“Dari penyidikan, ditambah alat bukti yang sah, dan didukung barang bukti, penyidik menaikkan status hukum BS dan TR jadi tersangka,” terang Arief Rachman, Senin (3/1/2022).

Lihat Juga: Habib Bahar bin Smith Jotos Ryan Jombang Di Dalam Lapas

Selain mengunggah video ceramah tersebut, TR diketahui juga merupakan pemilik akun YouTube tersebut. Ia pun memenuhi panggilan dan menjalani pemeriksaan di Polda Jawa Barat.

Seperti Bahar, polisi juga meenahan TR dengan alasan penyidikan.

"Untuk kepentingan penyidikan, penyidik melakukan satu penangkapan dan kemudian dilanjutkan penahanan," jelas Arief.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top