News

Dituding Plagiat Merek, GoTo Digugat 2,08 Triliun

Dituding Plagiat Merek, GoTo Digugat 2,08 Triliun

PT Terbit Financial Technology  menggugat PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) dan PT Tokopedia ke Pengadilan Niaga Jakarta Pusat terkait penggunaan nama/merek perusahaan GoTo. Gugatan hak merek tersebut telah terdaftar di pengadilan pada Selasa, 2 November 2021 dengan nomor perkara 71/Pdt.Sus-HKI/Merek/2021/PN Niaga Jkt.Pst.

“Menyatakan tergugat telah melanggar hak atas merek GOTO milik penggugat,” bunyi salah satu petitum dalam kasus ini, dikutip dari Kompas.com, Selasa (9/11/2021).

Penggugat juga meminta majelis hakim untuk menghukum Gojek maupun Tokopedia dengan membayar ganti rugi materil sebesar Rp 1,83 T. Ada pula ganti rugi imateril Rp 250 M, jadi total ganti rugi tersebut adalah Rp 2,08 T.

Penggugat juga menguraikan bahwa merek GOTO telah terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM dengan nomor IDM000858218. Sehingga penggugat minta kepada majelis hakim untuk menyatakan bahwa merekalah satu-satunya pihak yang memiliki serta memegang hak atas merek GOTO beserta variasinya.

Bukan hanya itu, penggugat juga meminta hakim untuk menghukum Gojek serta Tokopedia untuk tidak menggunakan merek GOTO beserta segala variasinya. Kemudian, menghukum penggugat secara tanggung renteng membayar uang paksa atau swagsom senilai Rp 1 M untuk tiap keterlambatan pelaksanaan putusan.

Menanggapi hal tersebut Astrid Kusumawardhani, Corporate Affairs GoTo mengatakan pihaknya sudah mengetahui hal ini dan menghormati proses hukum yang berjalan.

“Kamu telah mengetahui dan akan menghormati seluruh proses yang sedang berjalan,” ujar Astrid.

Lihat Juga: Mengenal GoTo, Perusahaan Baru Gabungan Gojek-Tokopedia

Ia juga menyampaikan pihaknya sudah mendaftarkan nama merek GoTo ke badan atau lembaga terkait.

“Yang dapat kami katakana bahwa kami akan selalu mematuhi peraturan yang ada di Indonesia,” terang Astrid.

Lalu siapa PT Terbit Financial Technology?

Melansir dari CNBC Indonesia, pada situs Pangkalan Data Kekayaan Intelektual disebutkan PT Terbit Financial Technology berada di Gedung World Trade Center II Lt 18 Jl Jenderal Sudirman, Jakarta. Tetapi untuk surat menyuratnya beralamat di Cohive Menara Prima Jalan Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Setiabudi, Jakarta.

Saat ditelusuri di internet pun tidak banyak informasi terkait perusahaan itu. Bahkan nomor telepon yang tertulis di laman DJKI juga tidak dapat terhubung. Salah satu informasi terkait PT Financial Technology ditemukan di situs Linkedin. Pada situs tersebut tertulis laman www.tbx.co.id, namun sudah tak dapat diakses.

Untuk merek GOTO yang didaftarkan oleh PT Terbit Financial Technology sendiri mulai mendapat perlindungan sejak 10 Maret 2020 dan berakhir pada 10 Maret 2030.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top