News

Dosen Unsri Terbukti Lakukan Pelecehan Lewat Chat, Ditahan 20 Hari

Dosen Unsri Terbukti Lakukan Pelecehan Lewat Chat

Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya, RG disebut tak mengakui perbuatannya mengenai laporan perkara pelecehan seksual dari tiga mahasiswi. Dosen Unsri itu pun ditahan 20 hari.

Diketahui ia dilaporkan soal dugaan pelecehan seksual melalui pesan WhatsApp. RG diperiksa Jumat (10/12/2021) dan telah ditetapkan menjadi tersangka. Ia dijerat dengan UU No 44 Tahun 2008 tentang Pornografi dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara.

Lihat Juga: Mahasiswi Unri Ungkap Dugaan Pelecehan Dari Dekan

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumatera Selatan Komisaris Besar Hisar Siallagan menuturkan pemeriksaan dilakukan selama delapan jam. Ia dihujani 35 pertanyaan dari penyidik.

Dosen Unsri RG Ditetapkan sebagai Tersangka Pelecehan Seksual

“Tersangka tak mengakui perbuatannya walaupun dari hasil analisa, pemeriksaan dan penyelidikan nomor yang dipakai tersangka sama dengan laporan korban,” kata Hisar, Jumat (10/12/2021).

Hisa mengatakan pihaknya telah memeriksa tiga mahasiswi yang melaporkan RG sejak 1 Desember 2021. Selain itu, sembilan saksi juga telah diperiksa oleh penyidik. Sejauh ini polisi telah menyita barang bukti yakni tiga unit telepon genggam milik korban dan satu unit telepon genggam milik tersangka.

Tersangka diindikaskan melakukan percakapan pesan atau chatting, pesan suara dan video call mengucapkan kata-kata tak pantas pada korban, dalam hal ini mahasiswi. Surat penahanan telah kita terbitkan, mulai hari ini RG ditahan untuk 20 hari ke depan,” terang Hisar.

RG adalah dosen Unsri kedua yang menjadi tersangka kasus pelecehan seksual. Sebelumnya ARA yang merupakan Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) juga telah dijadikan tersangka dalam kasus pelecehan dengan terlapor berbeda, Senin (6/12/2021).

RG mendatangi Polda Sumatera Selatan bersama penasehat hukumnya Ghandi Arius sekira pukul 10.00 WIB. Dengan mengenakan kemeja lengan panjang berwarna biru, ia hanya tersenyum tanpa mengatakan apapun ketika masuk ke ruang penyidik.

Lihat Juga: Guru Pesantren Perkosa Santri hingga Melahirkan, Berikut Fakta-faktanya

Ghandi menyampaikan, surat pemanggilan Reza baru diterima pada Kamis (9/12/2021) pukul 19.00 WIB.

“Walaupun pemanggilannya mepet, tapi kami tetap kooperatif memenuhi pemanggilan,” ujarnya.

Dosen Unsri RG sempat menggelar konferensi pers dan menuduh ada salah seorang dosen yang menginginkan jabatannya sebagai Kepala Program Studi Fakultas Ekonomi.

Gandhi menuturkan para mahasiswi yang merasa dirugikan tersebut kemudian sengaja digiring untuk menuntaskan masalah ini ke meja hijau.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top