News

DPR Setujui Jenderal Andika Perkasa Jadi Panglima TNI Gantikan Marsekal Hadi Tjahjanto

DPR Setujui Jenderal Andika Perkasa Jadi Panglima TNI Gantikan Marsekal Hadi Tjahjanto

Komisi I DPR RI menyetujui Jenderal Andika Perkasa menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI. Andika mengungkap Presiden Joko Widodo sempat menyampaikan pesan kepada dirinya saat ditunjuk jadi calon tunggal Panglima TNI.

“(Pesan Presiden Jokowi) melakukan tugas yang terbaik dari beliau, seperti itu,” ucap Andika setelah melakukan fit and proper test di gedung parlemen DPR, Jakarta, Sabtu (6/11/2021).

Ia menuturkan sejak awal dirinya tak mengetahui siapa yang bakal dipilih Presiden menggantikan Marsekal Hadi Tjanjanto sebagai Panglima TNI. Ia berterima kasih kepada DPR dan menyatakan siap menjalani proses selanjutnya untuk menjadi Panglima TNI.

“Oh tidak tahu. Terima kasih saya pada Komisi I atas dukungannya dan saya siap menjalani apa yang harus dilakukan pada tahapan berikutnya,” sambungnya.

Komisi I Setujui Jenderal Andika Perkasa Jadi Panglima TNI

Perlu diketahui, Komisi I DPR telah memutuskan untuk menyetujui Andika Perkasa menjadi calon Panglima TNI berikutnya menggantikan Hadi Tjahjanto. Keputusan tersebut disampaikan oleh Meutya Hafis, Ketua Komisi I DPR, dari hasil rapat internal anggota Dewan usai pelaksanaan fit and proper test Andika di ruang rapat Komisi I DPR, Jakarta Pusat, Sabtu (6/11/2021). Meutya mengatakan salah satu yang disetujui Komisi I yaitu pemberhentian dengan hormat Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI.

“Menyetujui pemberhentian secara hormat Marsekal TNI Hadi Tjahjanto SIP sebagai Panglima TNI,” tutur Meutya.

Ia juga menyampaikan apresiasi Komisi I atas kinerja Hadi Tjahjanto selama menjabat

“Dan memberikan apresiasi atas dedikasinya,” imbuhnya.

Bukan hanya itu, Meutya juga menyampaikan persetujuan berikutnya, yaitu jabatan Panglima TNI yang baru akan dipegang oleh Jenderal Andika Perkasa.

“Memberi persetujuan pada pengangkatan calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, SE, MA, MSC sebagai Panglima TNI,” kata Meutya.

Lihat Juga: Jokowi Usulkan Andika Perkasa Jadi Calon Panglima TNI

Andika sendiri mengungkapkan setelah dilantik ia akan menjadikan peraturan perundangan sebagai prioritas utama.

“Satu saja ya, prioritas utama saya yaitu bagaimana menjadikan kita lebih memegang peraturan perundangan menjadi dasar kita. Khususnya kami yang di bawa yang melakukan tugas-tugas yang diberikan oleh pemerintah ataupun tugas yang menurut kami harus dilakukan. Itu saja, peraturan perundangan,” ujar Andika Perkasa di ruang rapat Komisi I DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (6/11/2021).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top