News

Duduk Perkara Bentrokan di Maluku Tengah yang Tewaskan 3 Orang

Duduk Perkara Bentrokan di Maluku Tengah yang Tewaskan 3 Orang

Bentrokan di Maluku Tengah yang melibatkan warga Desa Ori dan Kariuw, Pulau Haruku, mengakibatkan tiga orang meninggal dunia. Selain merenggut tiga nyawa, sejumlah rumah pendudukan di Desa Kariuw juga dibakar massa.

“Untuk korban meninggal dunia saat ini bertambah menjadi tiga orang, jadi ada satu korban luka juga telah meninggal dunia, jadi total meninggal tiga orang dan dua luka,” ujar Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol Muhamad Roem Ohoirat, Rabu (26/1/2022).

Kronologi Bentrokan di Maluku Tengah

Menurut Roem, kericuhan tersebut diduga karena masalah sengketa lahan di perbatasan kedua desa. Sekelompok warga dari dua desa tersebut salah paham yang kemudian berujung bentrokan.

“Benar ada kesalahpahaman di sana dan sudah kita dorong pasukan ke sana untuk membantu pengamanan,” ucap Roem, Rabu (26/1/2022).

Menurutnya, gesekan antara dua desa tersebut terjadi sejak, Selasa (25/1/2022) malam. Kemudian mencapai puncaknya pada, Rabu (26/1/2022) dini hari. Sekelompok massa mulai menyerang Desa Kariuw dan membakar rumah penduduk setempat.

Lihat Juga: Bentrokan di Sorong, Berawal dari Kesalahpahaman Hingga Berujung 19 Korban Tewas

Aparat Tertembak

Setelah mendapat laporan adanya bentrokan di Maluku Tengah tersebut, aparat kepolisian dan TNI segera diterjunkan ke lokasi untuk mengendalikan situasi. Salah satu personel Polresta Ambon, Briptu BH, tertembah pada bagian pipi ketika mengamankan lokasi bentrokan.

Situasi Setelah Bentrokan

Roem memaparkan, setelah bentrokan tersebut sejumlah warga yang kediamannya dibakar terpaksa mengungsi.

“Tadi kita juga sudah koordinasi dengan Ketua DPRD Maluku dan sudah ada kesepakatan agar para pengungsi agar bisa segera ditangani dan para pengungsi ini agar bisa dibuat tenda agar mereka bisa berlindung di situ,” jelasnya.

Sementara itu, agar situasi terkendali, personel gabungan diturunkan. Kemudian untuk mencegah bentrokan susulan, polisi telah berkoordinasi dengan para tokoh setempat.

Lihat Juga: Langit Pantai Sejuta Bintang dan Kopi Racik Khas Maluku

“Kondisi saat ini sudah kondusif, sudah dapat dikendalikan, jadi kami minta warga tidak lagi terprovokasi,” lanjut Roem.

Pemerintah Provinsi Maluku juga akan memberikan bantuan terhadap para korban bentrokan di Maluku Tengah tersebut.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top