News

Duel TNI vs Polisi di Ambon Berujung Damai

Duel TNI vs Polisi di Ambon Berujung Damai

Oknum TNI vs Polisi di Ambon akhirnya saling memaafkan setelah terlibat baku hantam. Peristiwa yang menjadi viral di media sosial ini terjadi pada Rabu, (24/11/2021). Dari video yang beredar, terlihat oknum anggota TNI tengah terlibat saling pukul dengan dua anggota Polantas dan disaksikan sejumlah warga.

Awal Masalah

Kejadian ini diakibatkan adanya kesalahpahaman antara kedua belah pihak. Saudara dari anggota TNI dari Kodam XVI/Pattimura yang adalah warga sipil dijatuhi tilang oleh anggota Polantas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease.

“Ada sedikit kesalahpahaman antara anggota kami dan salah satu rekan dengan anggota TNI,” kata Kabid Humas Polda Maluku Kombes Muhammad Roem Ohoirat kepada awak media di Ambon, Rabu (24/11/2021).

Roem mengatakan, ada dua Polantas yang mengatur lalu lintas di sekitar Jalan Rijal, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon pada Rabu (24/11/2021) sore. Kemudian, kedua Polantas tersebut menilang seorang pengemudi yang kemudian pengendara tersebut melaporkannya kepada saudaranya yang diketahui adalah anggota TNI.

“Lalu daripada anggota masyarakat itu lapor ke saudaranya yang merupakan anggota TNI. Jadi datang saudaranya, lalu terjadi cekcok di situ. Seperti yang telah viral,” terang Kombes Roem, Rabu (24/11/2021).

TNI vs Polisi Berujung Damai

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVI/Pattimura Kolonel Arh Adi Prayogo Choirul Fajar menuturkan masalah ini telah diselesaikan secara damai. Kedua belah pihak juga telah memaafkan.

“Ini masalah ada kesalahpahaman, telah diselesaikan dan tak diperpanjang,” kata Kolonel Adi kepada wartawan di Ambon, Rabu (24/11/2021).

Lihat Juga: Bentrok TNI VS POLRI Di Papua, Natalius Pigai: Motifnya Bukan Demi Marwah, Tapi Perebutan Lahan Hidup

Hal serupa juga disampaikan Kombes Roem, ia mengatakan bahwa anggota TNI dan polisi tersebut telah bersalaman dan berangkulan di depan komandan masing-masing.

“Masalah ini telah diselesaikan seperti tadi teman-teman sendiri telah saksikan, bahwa di antara mereka telah saling salaman dan telah saling memaafkan,” jelas Kombes Roem.

Tetap Mendapat Sanksi

Meskipun masalah duel TNI vs Polisi telah diselesaikan secara damai, namun keduanya tetap mendapat sanksi disiplin. Hal ini diserahkan kepada masing-masing instansi.

“Terkait disiplin, jika itu terjadi pelanggaran disiplin masing-masing kesatuan bakal menyelesaikannya,” ujar Kapendam XVI/Pattimura Kolonel Adi Prayogo.

Selain itu Kabid Humas Polda Maluku Kombes Roem juga menekankan bahwa oknum Polantas yang terlibat dalam perkelahian tersebut bakal diproses disiplin. Hal tersebut adalah kesepakatan dari masing-masing pimpinan anggota.

“Soal disiplin, ini kesepakatan dari pimpinan antara masing-masing anggota, masing-masing kesatuan memeriksa anggota masing-masing. Jika ada yang menyalahi disiplin maka bakal diproses sesuai dengan aturan yang berlaku,” pungkas Kombes Roem.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top