News

Duet Anies-AHY di Pilpres 2024, Sekjen Partai NasDem Beri Sinyal Positif

Wacana Duet Anies-AHY

Sekjen Partai NasDem Johnny G. Plate mengeluarkan sinyal positif tentang wacana duet Anies Baswedan dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Ia menyambut baik pernyataan Demokrat terkait duet Anies-AHY yang disebut selaras.

Johnny mengatakan keselarasan tersebut adalah kabar baik di tengah penjajakan koalisi menjelang Pilpres 2024.

“Kalau selaras dengan AHY bagus dong, kan AHY ketua partai, berarti kan kriteria itu kan di-endorse juga, itu berita yang baik,” ujar Johnny di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jakarta, Selasa (18/10/2022).

Lihat Juga: Menyoal Peluang Duet Anies-AHY di Pilpres 2024

Dia menganggap keselarasan tersebut sebagai sesuatu yang baik. menurut Johnny, memang dibutuhkan kerja sama yang baik dalam membentuk koalisi. Meski berembus wacana Anies-AHY, namun ia memastikan partainya belum menentukan sosok yang akan mendampingi Anies Baswedan di Pilpres 2024.

“Paket capres ini dan cawapres tidak saja terkait dengan relasi kerja antara capres dan cawapres, tetapi juga memperhatikan elektoral bagaimana kombinasinya bagaimana bisa menghasilkan elektoral yang lebih kuat,” jelasnya.

NasDem ingin Cawapres Independen, Bagaimana dengan Wacana Duet Anies-AHY?

Sementara itu, Partai NasDem disebut menginginkan agar Anies Baswedan memilih calon pendampingnya dari kalangan independen alias bukan kader partai politik. Wakil Ketua Umum NasDem Ahmad Ali menganggap cawapres dari nonparpol dapat menjaga hubungan koalisi parpol pendukung Anies.

“Maka akan lebih bijak kalau kemudian tidak tarik-menarik. Ya sudah kita serahkan kepada Anies yang kemudian (cawapres) bukan (berasal) dari kader parpol,” ucap  Ali, Selasa (18/10/2022).

Jika cawapres berasal dari nonpartai, Ali menuturkan tidak akan terjadi kontrak politik. Apalagi, Anies juga bukan kader parpol, sehingga cawapresnya dinilai lebih baik jika independen.

“Terus kemudian kalau salah satu elite partai minta cawapresnya diambil dari partainya, terus kalau dua partai gimana? Akibatnya yang terjadi adalah transaksional kan, kita ingin menghilangkan hal-hal seperti itu,” imbuhnya.

Lihat Juga: Siapa Cawapres yang Cocok Dampingi Anies Baswedan?

Sementara itu, Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menyebut AHY merupakan sosok yang selaras dengan Anies.

Menurutnya, Anies dan AHY sama-sama menilai sosok cawapres harus merepresentasikan perubahan serta dikenal oleh masyarakat. Selain itu, sosok cawapres harus mempunyai elektabilitas tinggi dan mampu menjadi magnet bagi pemilih muda.

Lalu di tengah keinginan NasDem untuk mendapatkan cawapres independen, bagaimana dengan wacana Anies-AHY? Apakah bisa terealisasi?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top