News

Dulu Panama Papers, Kini Pandora Papers Juga Tak Kalah Bikin Geger

Dulu Panama Papers, Kini Pandora Papers Tak Kalah Bikin Geger

Publik dunia dibuat gempar dengan munculnya laporan Pandora Papers. Laporan yang dipublikasikan oleh ICIJ (International Consortium of Investigative Journalists) tersebut berisi data besar terkait skandal pajak dari para pejabat, pengusaha hingga artis papan atas.

Beberapa tahun lalu, yaitu pada 2016 juga muncul kehebohan serupa yang dikenal dengan nama Panama Papers. Kala itu setidaknya 11,5 juta dokumen rahasia yang dimiliki oleh Mossack Fonseca, perusahaan penyedia jasa asal Panama bocor.

Dokumen-dokumen tersebut serupa dengan Pandora Papers. Yaitu berisi informasi tentang ratusan ribu perusahaan beserta identitas pemiliknya dari seluruh negara. Dokumen Panama Papers saat itu mencapai ukuran 2,6 terabyte.

Sementara skandal Pandora Papers yang bocor kini sudah mencapai 12 juta dokumen yang isinya berupa harta tersembunyi, pengempang pajak hingga daftar pencucian uang yang dilakukan oleh para miliuner dunia.

Lebih dari 600 jurnalis dari 117 negara telah menelusuri jutaan dokumen yang dibocorkan oleh 14 sumber tersebut. Setiap pekan para jurnalis tersebut melaporkan temuannya kepada publik.

Disebut-sebut nama pejabat Indonesia juga ada yang masuk dalam daftar Pandora Papers ini. Selain para pejabat, nama-nama selebriti dunia juga muncul dalam daftar ini seperti supermodel asal Jerman Claudia Schiffer, penyanyi Shakira hingga pemain cricket legendaris India, Sachin Tendulkar.

Lihat Juga: Ketua BPK Tercantum Dalam ‘Panama Papers’ Harry Azhar Datangi Presiden

Intinya, dokumen-dokumen yang bocor tersebut yaitu mengungkap nama-nama pesohor, pejabat hingga pengusaha yang menggunakan perusahaan cangkang untuk memanfaatkan wilayah surga pajak. Memang tak salah mempunyai perusahaan cangkang, tetapi aksi tersebut dicurigai untuk menghindari pajak di negara asal.

Dari dokumen rasahasia yang bocor tersebut, terungkap setidaknya 35 pemimpin dunia yang saat ini masih aktif hingga 300 eks pejabat dunia secara sembunyi-sembunyi mempunyai perusahaan offshore. Selain itu, mereka diketahui membeli properti sampai akal-akalan menghindari pungutan pajak ketika membeli properti.

Salah satu yang telah terungkap adalah Raja Yordania. Abdullah II bin Al-Hussein diam-diam telah membeli property senilai 70 juta poundsterling di Amerika Serikat dan Inggris. Diketahui ia membelinya melalui perusahaan offshore.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top