News

Edy Mulyadi Ditahan Karena Kasus Ujaran Kebencian

Edy Mulyadi Ditahan Karena Kasus Ujaran Kebencian

Edy Mulyadi dijadikan sebagai tersangka dalam kasus ujaran kebencian SARA terkait polemik ‘Kalimantan tempat jin buang anak’. Edy Mulyadi ditahan polisi!

Polisi menyampaikan Edy Mulyadi dikhawatirkan menghilangkan barang bukti dan melarikan diri. Selain itu, ia juga terancam pidana di atas lima tahun.

"Penahanan dilakukan mulai hari ini sampai 20 hari ke depan," ucap Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan, Senin (31/1/2022).

"Penahanan dilakukan dengan alasan subjektif dan alasan objektif," lanjutnya.

Lihat Juga: Edy Mulyadi Hina Kalimantan dan Prabowo Berujung Laporan Polisi hingga Kesultanan Kutai Akan Kirimkan Jin

Ramadhan menuturkan alasan subjektif Edy Mulyadi ditahan adalah kerkan dikhawatirkan menghilangkan barang bukti, melarikan diri dan mengulangi perbuatannya. Sementara itu, alasan objektinya yaitu karena ancaman pidana yang dihadapi Edy Mulyadi lebih dari lima tahun.

Sebelumnya, Edy ditetapkan sebagai tersangka terkait dengan perkara ‘Kalimantan tempat jin buang anak’. Ia awalnya diperiksa sejak pagi, Minggu (30/1/2022) sebagai saksi. Namun, ia kemudian dijadikan sebagai tersangka oleh polisi.

Kini, Edy Mulyadi tengah menghadapi ancaman hukuman paling lama 10 tahun penjara.

“Ancaman 10 tahun ya, masing-masing pasal ada. Tapi ancaman 10 tahun," ucap Ramadhan.

Edy Mulyadi Ditahan, Akun YouTube Disita

Setelah Edy Mulyadi ditahan, akun YouTube miliknya pun ikut disita oleh petugas. Channel YouTube miliknya itu akan dijadikan sebagai barang bukti.

"Akun ya, akun YouTube dengan channel milik yang bersangkutan ya. Jadi akun YouTube milik yang bersangkutan yang disita. Bang Edy Channel," ungkap Ahmad Ramadhan, Senin (31/1/2022).

Sebelumnya, Edy datang ke Bareskrim ditemani oleh pengacaranya pada, Senin (31/1/2022). Ia tampak mengenakan kemeja lengan panjang serta memakai iket Sunda.

Sebelum ditahan, Edy sempat mengucapkan permintaan maaf kepada para sultan di Kalimantan. Dirinya menyampaikan bahwa penduduk Kalimantan bukanlah musuh.

Lihat Juga: Klarifikasi dan Minta Maaf Edy Mulyadi Soal Tempat Jin Buang Anak

Ia menyebut musuknya yaitu bentuk ketidakadilan. Selain itu, Edy menuturkan Kalimantan sudah dieksploitasi.

"Musuh saya dan musuh kita adalah ketidakadilan dan siapapun pelakunya yang hari-hari ini dilakonkan oleh para oligarki melalui tangan-tangan pejabat-pejabat publik kita," ujarnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top