News

Elektabilitas Naik, Golkar Yakin Airlangga Presiden 2024

Elektabilitas Naik, Golkar Yakin Airlangga Presiden 2024

Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily mengomentari hasil survei yang dirilis oleh LSI Denny JA terkait capres 2024. Ace menyambut baik elektabilitas pimpinannya Airlangga Hartanto yang naik menjadi 5,3 persen.

“Survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA yang menempatkan Ketua Umum kami, pak Airlangga Hartantanto pada 5,3 persen di antara nama-nama yang disebut-sebut sebagai calon presiden menunjukkan elektabilitasnya semakin merangkak naik,” kata Ace, Kamis (17/6/2021).

Ace menyebut Partai Golkar optimis Airlangga akan menjadi Presiden selanjutnya. Menurut dia, elektabilitas Ketua Umum Golkar itu merangkak naik karena masyarakat mengparesiasi kinerjanya sejauh ini dalam menangani Covid-19 dan dampak yang menyertainya.

“Melihat survei ini, kami semakin yakin bahwa pak Airlangga sangat berpeluang besar untuk memenangkan pemilihan Presiden pada tahun 2024 nanti. Kecenderungan yang positif dari semakin merangkaknya elektabilitas pak Airlangga dalam Pilpres menjadikan kami semakin optimis bahwa pak Airlangga dapat menduduki kursi RI-1,” tegasnya.

Ace mengatakan naiknya elektabilitas Airlangga tidak terlepas dari upaya para kader Golkar di berbagai tingkatan. Dia menyatakan Menteri Koordinator Perekonomian itu sangat potensial menjadi calon presiden 2024.

“Sebagai tokoh politik yang baru disebut-sebut sebagai calon presiden, pak Airlangga sangat potensial untuk menjadi presiden. Selain karena kinerjanya semakin diapresiasi masyarakat, perlahan-lahan upaya sitematis yang dilakukan para kader Partai Golkar di berbagai tingkatan sudah semakin terlihat hasilnya,” sambungnya.

Golkar Yakin Elektabilitas Airlangga Terus Naik

Di sisi lain, politikus senior Golkar Azis Samual juga menyambut baik hasil survei LSI Denny JA yang menunjukkan elektabilitas Airlangga Hartanto berada di angka 5,3 persen. Azis menegaskan pihaknya akan terus mendongkrak elektabilitas Ketua Umum-nya itu.

“Menurut saya, itu (hasil survei LSI Denny JA) menambah optimisme. Elektabilitas Airlangga Hartanto naik signifikan. Kami dari Partai Golkar masih punya waktu sekurang-kurangnya dua tahun ke depan untuk membantu meningkatkan elektabilitas Airlangga,” ucap Azis, Jumat (18/6/2021).

Azis kemudian menceritakan kepemimpinan Airlangga di Partai Golkar. Dia mengatakan kepemimpinan Airlangga menciptakan suasana yang harmonis dan kompak di internal Partai Golkar.

“AH (Airlangga Hartanto) itu tegas dan disiplin menjaga haluan partai agar tetap pada track-nya. Dan, tentu sudah sejalan dengan harapan konstituen/masyarakat luas. Inilah sebenarnya yang saya sebut sebagai esensi dari kepemimpinan,” tegasnya.

Lebih lanjut, Azis kemudian menceritakan kinerja Airlangga sebagai Menteri Koordinator Perekonomian. Dia menyebut Airlangga mampu menjaga ekonomi Indonesia tidak sampai ambruk gara-gara ‘diamuk’ pandemi Covid-19.

“Ekonomi kita tidak ambruk, inflasi terjaga pada tingkat yang wajar, pertumbuhan memang melambat tetapi ada potensi untuk tumbuh di tahun depan. Apalagi bila pandemi Covid-19 berhasil diredam,” papar Azis.

Politikus senior Golkar itu menegaskan pihaknya saat ini masih mengedepankan kinerja untuk rakyat. Dia meyakini elektabilitas Airlangga akan terus naik jika ada perilisan hasil survei lagi dari lembaga survei tertentu.

“Kita masih ada waktu untuk mengedepankan kinerja. Ini lebih penting karena rakyat membutuhkan kinerja yang baik dan mereka pula yang akan menilai. Insya Allah bila ada survei lagi nanti, elektabilitas AH akan meningkat,” imbuhnya.

Untuk diketahui, LSI Denny JA merilis hasil survei terkait elektabilitas tokoh yang berpotensi menjadi capres 2024. Nama Prabowo Subianto berada di daftar teratas dengan elektabilitas 23,5 persen, disusul Ganjar Pranowo 15,5 persen dan Anies Baswedan 13,8 persen. Adapun di posisi keempat dan kelima ditempati Sandiaga Uni dengan elektabilitas 7,6 persen dan Airlangga Hartanto 5,3 persen.

To Top