News

Elektabilitasnya Apik, Ganjar Pranowo Pengin Nyapres Nggak Sih?

Elektabilitasnya Apik, Ganjar Pranowo Pengin Nyapres Nggak Sih?

Beberapa hasil survei terkait elektabilitas calon presiden (capres) 2024 menunjukkan Ganjar Pranowo memiliki elektabilitas yang apik. Bahkan, dalam dua survei elektabilitas capres 2024 yang baru-baru ini dirilis Populis Center dan Charta Politika Indonesia membuktikan Gubernur Jawa Tengah itu menduduki posisi teratas disusul Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Lantas, sebenarnya Ganjar pengin nyapres nggah sih?

Berkali-kali Ganjar tidak menjawab secara tegas saat ditanyai terkait Pilpres 2024 maupun hasil survei terkait elektabilitas capres 2024. Terbaru, Ganjar merespons dengan mempertanyakan survei apa yang menunjukkan dirinya memiliki elektabilitas apik.

“Survei apa lagi?” tanya Ganjar, Selasa (21/12/2021).

Ganjar menegaskan dirinya ingin fokus menangani pandemi Covid-19, terlebih munculnya varian Omicron. Dia berharap momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) wilayah kepemimpinannya aman dari Covid-19, termasuk varian Omicron.

“Ngurusi Omicron dulu dan vaksinasi dipercepat. Konsentrasi itu dulu, sampai Natal dan Tahun baru ini aman wis Alhamdulillah,” tegas dia.

Elektabilitas Ganjar Pranowo Bagus

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkali-kali mendapatkan hasil survei yang apik terkait elektabilitas capres 2024. Setidaknya dia mampu berada di posisi dua besar dalam empat lembaga survei yang baru-baru ini merilis kandidat capres potensial di 2024.

Dalam survei yang diadakan Populis Center, Ganjar bertengger di posisi pertama dengan elektabilitas 58,3 persen. Disusul Anies Baswedan di posisi kedua dengan elektabilitas 47,3 persen dan posisi ketiga diduduki Prabowo Subianto sebesar 46,6 persen.

Selain itu, Charta Politika Indonesia juga memaparkan hasil survei kandidat capres potensial di 2024 yang mana Ganjar berada di posisi pertama dengan elektabilitas 25,8 persen. Posisi kedua diduduki Prabowo Subianto dengan elektabilitas 22,3 persen dan Anies Baswedan berada di posisi ketiga dengan elektabilitas 17,7 persen.

Lembaga survei lainnya, Survey & Polling Indonesia (SPIN) memaparkan Ganjar Pranowo menduduki posisi kedua dengan perolehan elektabilitas 13,1 persen. Adapun posisi pertama diduduki Prabowo Subianto dengan elektabilitas 23,2 persen dan posisi ketiga diduduki Anies Baswedan dengan elektabilitas 13,1 persen.

Hasil survei yang dilakukan Poligov Startegic Consulting juga menunjukkan politikus PDIP itu berada di posisi kedua dengan elektabilitas 19,1 persen. Posisi pertama diduduki oleh Prabowo Subianto dengan perolehan elektabilitas 25,5 persen dan posisi ketiga ditempati Anies Baswedan dengan elektabilitas 18,3 persen.

Pemilih Jokowi Menjadi Pemilih Ganjar

Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya memaparkan bahwa pemilih Joko Widodo (Jokowi) banyak yang memberikan suara untuk Ganjar Pranowo dalam survei terkait kandidat capres potensial di 2024 versi Charta Politika Indonesia. Alhasil, Gubernur Jawa Tengah itu unggul di enam provinsi, yakni di Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTT, NTB dan Yogyakarta.

“Di Jawa Tengah dan DIY, Ganjar memperoleh 63,5 persen. Sementara di Jawa Timur, Ganjar memperoleh 33,7 persen. Di Bali, NTT serta NTB, Gubernur Jateng itu memperoleh 50 persen,” terang Yunarto, Selasa (21/12/2021).

Yunarto menambahkan Ganjar memiliki banyak pendukung di wilayah Indonesia timur, seperti Papua, Maluku dan Sulawesi. Demikian juga kandidat capres potensial lainnya Prabowo Subianto juga memiliki banyak pendukung di wilayah Indonesia timur. Sementara itu, Anies Baswedan kuat di DKI Jakarta, Banten, Kalimatan dan Sulawesi.

“Kalau dibedah secara regional, basis responden data daerah dengan pilihan capres bisa dianalisis dengan pemilu sebelumnya. Anies Baswedan kuat di daerah Sumatera, DKI Jakarta, Banten dan Kalimantan. Prabowo Subianto menguasai daerah Jawa Barat, Sulawesi, Maluku dan Papua,” lanjut Yunarto.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top