News

Elektabilitasnya Tertinggi, Susi Pudjiastuti Bilang Begini

Elektabilitasnya Tertinggi, Susi Pudjiastuti Malah Bilang Begini

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mendapatkan elektabilitas tertinggi sebagai tokoh calon pemimpin Indonesia 2024 kategori non-parpol versi survei Kelompok Kajian dan Diskusi Opini Publik Indonesia atau KedaiKOPI. Mengetahui hal itu, Susi justru merespons santai.

“Ya, itu kan KedaiKOPI lagi iseng saja kali masukkan nama-nama yang sudah pasti tidak mungkin bisa masuk. Yang tertinggi dari yang tidak mungkin,” kata Susi, Selasa (13/4/2021).

Susi kemudian mengungkit soal kudeta partai. Dia menegaskan jika pengin maju di tahun 2024 tidak akan melakukan kudeta partai.

Namun, Susi sekali lagi menegaskan dirinya tidak akan menganggap serius terkait hasil survei tersebut.

“Kalau mau mungkin apa ada partai yang tidak perlu kudeta bisa? Kalau kudeta ya tidaklah. Tidak usah diperhitungkan atau serius-serius. Kalau tidak kudeta, apa ada partai yang dihibahkan?” lanjutnya.

Lebih lanjut, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan itu menyinggung soal syarat ambang batas partai alias presidential threshold. Menurutnya, tidak mungkin seseorang bisa maju menjadi calon presiden jika tidak ada partai yang mengusungnya.

“Presidential threshold 20 persen tidak memungkinkan orang-orang tidak punya partai atau yang tidak diusung partai menjadi calon pemimpin di negeri ini. Apalagi yang tidak diinginkan, kayak saya ini,” ungkapnya.

Saat ditanya apakah bersedia menjadi calon presiden jika ada partai yang mengusungnya, Susi malah melontarkan guyonan. Dia menyebut partai ikan yang memiliki istana di dalam air.

“(Diusung) partai ikan? Boleh! Ibu kotanya di laut. Istananya di bawah air di sela-sela terumbu karang,” kelakar Susi.

Elektabilitas Susi Pudjiastuti Tertinggi

Sebelumnya, KedaiKOPI merilis hasil survei terkait tokoh yang berpotensi menjadi calon pemimpin Indonesia di tahun 2024. Salah satu kategori yang ada di dalam surveinya adalah tokoh non-parpol.

KedaiKOPI mendapati hasil tokoh non-parpol yang paling layak menjadi calon presiden 2024 adalah Susi Pudjiastuti. Susi tercatat mendapatkan elektabilitas sebesar 30,9 persen. Adapun posisi kedua diduduki Gatot Nurmantyo dengan elektabilitas 14,1 persen, disusul Abraham Samad dengan elektabilitas 14 persen.

“Di tokoh non-parpol ada nama Susi Pudjiastuti, ada nama Sudirman Said (peringkat 6 dengan elektabilitas 8 persen). Dua nama ini sebetulnya cukup harum pada periode pertama yang saat ini tidak ada di kabinet pak Jokowi. Tapi namanya masih menggeliar terus,” papar Pendiri KedaiKOPI Hendri Satrio atau akrab dipanggil Hensat, Senin (12/4/2021).

“Sudirman Said misalnya, terkenal dengan membuka tabir Papa Minta Saham, ternyata masih dianggap sebagai tokoh antikorupsi karena dianggap berani melawan mafia,” sambungnya.

Di samping itu, KedaiKOPI juga merilis hasil survei tokoh yang paling layak menjadi calon presiden 2024 kategori oposisi. Adalah Rocky Gerung memperoleh elektabilitas tertinggi, yakni 13,7 persen.

Hensat pun menilai pemilihan presiden di tahun 2024 akan berjalan dengan menarik. Pasalnya, tokoh yang berpotensi maju tidak hanya segelintir nama, melainkan ada banyak pilihan.

“Dari hasil yang muncul saat ini, saya amaze (terkejut) juga, bahkan kendati ada nama Rocky Gerung di sana, ada juga nama Gatot Nurmantyo. Itu benar-benar membuat pemilihan presiden di kita ini menarik,” ungkap Hensat.

“Jadi, jangan lagi kita beranggapan nama-nama calon presiden hanya sebatas 10 orang, 20 orang, ada banyak sekali beredar,” imbuhnya.

Diketahui, survei KedaiKOPI ini dilakukan pada tanggal 29 Maret hingga 4 April 2021 yang dilakukan di 34 provinsi. Adapun responden yang terlibat dalam survei ini sebanyak 1.260 orang. Survei dilakukan dengan cara wawancara telepon.

To Top