News

Emmanuel Macron, Presiden Prancis Dikecam Publik Setelah Menghina Agama Islam

Emmanuel Macron

Baru-baru ini dunia dihebohkan dengan pernyataan kontroversial dari Presiden Prancis, Emmanuel Macron yang secara terang-terangan menghina agama Islam sebagai kelompok teroris dan membela sekulerisme Prancis. Hal itu tentunya memicu kemarahan dan kecaman dari banyak pihak terutama umat Islam di seluruh dunia, bahkan umat Kristen yang ada di Arab pun juga mengecam sikap dari Presiden Prancis ini.

Selain itu, ada beberapa orang-orang berkuasa di negara lain yang ikut mengecam sikap Macron ini seperti Imran Khan seorang Menteri Pakistan dan Recep Tayyib Edrogan, Presiden Turki. Nah kira-kira siapakah sebenarnya sosok Emmanuel Macron yang kini menjadi sosok paling dibenci umat islam?. Yuk simak biografi dari Emannuel Macron beserta kronologi pernyataan Macron yang membuatnya dibenci oleh umat Islam di seluruh dunia!

Biodata Emmanuel Macron

Siapa Emmanuel Macron? Pria bernama lengkap Emmanuel Jean-Michel Frederic Macron merupakan seorang politikus yang saat ini menjabat sebagai Presiden Prancis ke-25 sejak bulan Mei 2017 lalu. Beliau  dinobatkan sebagai pemimpin Prancis termuda dalam sejarah negara Prancis karena pada saat menjadi presiden, beliau masih berusia 39 tahun. Berikut biodata Emmanuel Macron:

Nama Lengkap Emmanuel Jean-Michel Frederic Macron
Lahir21 Desember 1977 (umur 42), Amiens, Prancis
Pendidikan– Lycee La Providence in Amiens
– elite Lycee Henry-IV in Paris
– Paris-Ouest Nantere La Defense University jurusan Filsafat (gelar DEA)
– Sciences Po
– Ecole Nationale d’Administration (ENA).
PekerjaanPresiden Prancis ke-25
Mulai Menjabat14 Mei 2017
Partai PolitikLa Republique En Marche! (2016-sekarang)
PasanganBrigitte Trogneux (2007-sekarang)
Biografi

Kehidupan Awal Emmanuel Macron

Macron lahir pada tanggal 21 Desember 1997 di Amiens, Prancis. Beliau adalah putra dari seorang Profesor Neurologi di Picardy University bernama Jean-Michel Macron dan Francoise Macron-Nogues, MD. Di keluarganya, beliau sangat akrab dengan neneknya, seorang kepala sekolah karena sempat tinggal bersama dalam beberapa waktu. Selama sepuluh tahun, beliau mempelajari piano hingga mendapatkan penghargaan ketiga di Konservatori Amiens.

Mengenai pendidikannya, Macron pernah menempuh pendidikan beberapa tahun di lycee La Providence in Amiens kemudian pindah ke  Sekolah Tinggi elite Lycee Henri-IV di Paris. Setelah lulus, beliau melanjutkan ke Paris-Ouest Nanterre La Defense University mengambil jurusan Filsafat dan mendapatkan gelar DEA. Beliau melanjutkan pendidikannya di Sciences Po dan mendapatkan gelar master di bidang urusan Publik.

Setelah menempuh pendidikan di perkuliahan, antara tahun 1999 dan 2001 dia bekerja sebagai asisten dari Paul Ricour dimana beliau membantu menyunting buku karya Ricour La Memoire, I’histoire, I’oubli. Pendidikan Macron tidak berhenti sampai di gelar DEA karena pada tahun 2004 beliau lulus dari sekolah elit Ecole Nationale d’Administration (ENA).

Karir Emmanuel Macron Yang Cemerlang

Karir Publik dan Swasta

Macron memulai karir di dunia kerja dengan menjabat sebagai inspektur di Kementerian Ekonomi Prancis antara tahun 2004 dan 2008. Pada tahuh 2007, Macron menjabat sebagai deputi rapporteur di Komisi yang mempengaruhi pertumbuhan Prancis di bawah pimpinan Jacques Attali. Tidak lama kemudian, beliau meninggalkan jabatan tersebut dan memilih bekerja sebagai pegawai bank investor di Rothschild & Cie Banque.

Karir Politik

Bisa dibilang jika Macron memiliki kehidupan pribadi yang sangat jauh dari tradisi keluarga besarnya yang rata-rata terjun di dunia kesehatan. Hanya beliau sendiri yang terjun di dunia politik. Karir Macron di dunia politik dimulai saat dirinya menjadi anggota Partai Sosialis dari tahun 2006 sampai 2009.

Pada tahun 2014, beliau menjabat sebagai deputi sekretaris Jenderal Elysee, seorang anggota senior staf Presiden Hoolande. Karirnya di dunia politik semakin meningkat sebelum beliau dilantik menjadi Menteri Ekonomi, Pembaruan Industri dan Urusan Digital pada pemerintahan Manuel Valls pada 26 Agustus 2014.

Pada Pemilihan umum Presiden Prancis 2017, beliau mencalonkan dirinya sebagai presiden Prancis dan berhasil mengalahkan Marine Le Pen dengan total suara sebanyak 66,06% dibandingkan Marine Le Pen yang mendapatkan suara sebanyak 50%. Kemenangannya tersebut membuat dirinya dinobatkan sebagai presiden Prancis termuda yang tercatat dalam sejarah karena pada saat itu usianya baru 39 tahun.

Kehidupan Pribadi Emmanuel Macron

Emmanuel Macron dan Brigitte Trognieux

Pada tahun 2007, Macron menikah dengan seorang guru Prancis bernama Brigitte Trognieux. Mereka pertama kali bertemu di Sekolah Menengah Atas yang saat itu Macron masih berusia 15 tahun dan Brigitte berusia 39 tahun. Jadi bisa dikatakan mereka menikah dengan perbedaan umur yang cukup jauh yaitu 24 tahun.

Sebelum menikah, perjalanan cinta mereka dinilai tidaklah mudah. Hal itu dikarenakan kisah cinta mereka diawali dari perselingkuhan. Saat itu, Brigitte adalah guru drama di sekolah Macron dan keduanya cukup dekat sehingga terjadilah perselingkuhan. Hal itu membuat semua orang kaget karena perbedaan umur mereka yang cukup jauh. Kejadian tersebut membuat Macron dipindahkan ke sekolah lain namun ketika Macron berusia 17 tahun, dia berjanji akan kemabli dan berniat menikahi Brigitte. 

Brigitte sendiri sebelumnya pernah menikah dengan seorang bankir dan dikaruniai 3 anak. dikarenakan usia Brigitte yang sudah lanjut membuat Macron tidak bisa memiliki keturunan sehingga beliau hanya cukup menjadi ayah sambung bagi ketiga anak Brigitte. Salah satu anak sambungnya ada yang seumuran dengan Macron yang bernama Laurence. Kemudian ada pula yang berumur dua tahun lebih tua dari Macron bernama Sebastian.

Kronologi Emmanuel Macron Yang Dibenci Karena Menghina Agama Islam

# Boikot Produk Perancis

Emmanuel Macron dikecam oleh banyak pihak dikarenakan pernyataannya yang menghina agama Islam terkait dengan karikatur Nabi Muhammad SAW dan menyebut agama Islam sebagai keyakinan yang bermasalah di seluruh didunia.

Semua itu berawal dari pidatonya pada awal bulan Oktober 2020 tentang adanya ancaman kelompok Islam yang ada di seluruh dunia sedang mengalami krisis radikalisme sehingga ingin mengubah nilai-nilai liberalisme dan sekulerisme di Prancis.

Tidak lama setelah menyampaikan pernyataan tersebut terjadilah kasus pemenggalan kepala seorang guru sejarah. Sebelumnya guru tersebut menampilkan karikatur Nabi Muhammad kepada muridnya di sekolah. Guru tersebut dibunuh dengan dipenggal kepalanya oleh seorang pendatang yang mengatasnamakan Islam kemudian ditembak oleh polisi sekitar 600 meter dari tempatnya melakukan kejahatan.

Dari kejadian itulah, Macron mulai memancing kemarahan dari masyarakat dunia dengan pernyataannya yang mengatakan bahwa Islam adalah agama yang mengalami krisis di seluruh dunia. Beliau akan memperkuat sekulerisme di Prancis dengan mengubah Undang-Undang yang akan mewajibkan seluruh sekolah menerapkan konsep sekuler.

Selain itu di dalam pernyataanya, Macron mengatakan akan memperketat pengawasan terhadap kelompok-kelompok Islam di Prancis. Macron juga bersumpah bahwa Prancis tidak akan menyerah mengenai karikatur Nabi Muhammad. Secara tidak langsung, Macron menghina umat islam dengan memberikan persetujuan untuk diterbitkannya karikatur Nabi Muhammad SAW.

Dari pernyataan itulah membuat seluruh masyarakat di dunia marah  dan mulai mengecam sikap Macron yang seharusnya tidak dimiliki oleh seorang presiden. Bahkan beberapa negara yang mayoritas penduduknya Islam seperti Arab Saudi, Kuwait, Qatara, Yordania, dan negara-negara lain telah melarang supermarket Prancis untuk beroperasi dan memboikot produk-produk asal Prancis yang tersebar di negaranya.

Nah itulah biografi mengenai Emmanuel Macron, presiden Prancis yang saat ini dikecam oleh masyarakat dunia karena pernyataannya yang menghina agama Islam. Semoga apa yang diulas di dalam artikel ini setidaknya menjadi pembelajaran bagi kita untuk selalu berhati-hati dalam berucap. Hal itu dikarenakan bisa saja ucapan yang berasal dari mulut kita menjadi boomerang yang akan merugikan kita di kehidupan. Semoga bermanfaat dan selamat membaca!

To Top