News

Fadli Zon Pertanyakan Polri Tetapkan Tersangka Dalam Upaya Makar

Tetapkan tersangka makar

Dugaan makar yang menjerat Aktivis Sri Bintang Pamungkas dan delapan orang lainnya Rahmawati Soekarnoputri, Kivlan Zein, Ahmad Dhani dan Ratna Sarumpaet telah ditetapkan sebagai tersangka.

Fadli Zon selaku wakil ketua DPR mempertanyakan penangkapan tersebut. Dia menganggap bahwa tidak ada niat untuk bertindak makar terhadap pemerintahan yang sah saat ini.
“Saya tak yakin mereka berniat apalagi berbuat makar.  Sebagian besar yang kenal, mereka orang-orang yang peduli Merah Putih, kepentingan bangsa. Sebaiknya segera dilepaskan, jika tak ada bukti kuat,” ucap Fadli Zon (2/12).

Delapan orang yang telah mendapatkan status tersangka terkait dugaan makar, Fadli selama ini mengenalnya sebagai figur publik. Menurutnya penangkapan tersebut merupakan pertaruhan kredibilitas Polri yang merupakan lembaga penegak hukum.

Fadli Zon mengatakan bahwa, “Selain mempertaruhkan kredibilitas, penangkapan ini juga telah menarik mundur iklim demokrasi kita. Penangkapan itu telah membungkam kritik dan menindas kebebasan berpendapat di muka umum.”

Selain itu dirinya juga mempertanyakan bukti adanya upaya makar yang telah disampaikan oleh Polri. Terlebih beberapa orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka yang bukan tergolong tokoh yang mempunyai massa besar.
“Dimana reasoning-nya tuduhan makar terhadap delapan orang itu, yang tidak mengerahkan massa, tidak melakukan gerakan bersenjata ataupun kekuatan yang dapat dikategorikan makar, ucap Fadli.

“Ibu Rachmawati itu puteri seorang Proklamator. Dan ia kini bahkan memiliki keterbatasan fisik, bagaimana bisa ia dituduh menggerakkan makar. Ini benar-benar kelihatan mengada-ada,” Fadli menambahkan.

Sebelumnya, Kepolisian telah menangkap 10 orang pada Jumat pagi yang berinisial diantaranya FH, RA, RS, SB, KZ, JA, RK, AD, E, dan AD dimana mereka diduga melakukan permufakatan jahat, yang dikenakan Pasal 107 KUHP juncto Pasal 110 KUHP dan Pasal 87 KUHP, sedangkan JA dan RK dijerat Pasal 28 Undang-Undang tentang Informasi Transaksi Elektronik (ITE).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top