News

Fahri Hamzah Usul Ibu Kota Negara Pindah Ke Kepulauan Seribu

Fahri Hamzah Usul Ibu Kota Negara Pindah Ke Kepulauan Seribu

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengusulkan agar Presiden Jokowi tidak memindahkan ibu kota negara atau pusat pemerintah ke luar Pulau Jawa. Lokasi strategis yang diusulkan politikus PKS itu justru berada di utara Jakarta.

Hal ini disampaikan Fahri usai berbuka bersama dengan Jokowi dan pimpinan lembaga tinggi negara lainnya, di Istana Negara, Jakarta pada Senin (6/5). Dalam forum itu, Presiden ketujuh RI itu menyinggung soal rencana pemindahan ibu kota negara.

“Saya terus terang ya kalau pemerintah serius, ini pemerintah serius ya. Tadi saya ngomong juga sama menteri Bappenas, pakailah konsep maritim. Justru ibu kota itu dipindahkan ke pinggir. Maka saya mengusulkan dipilih lah seperti Kepulauan Seribu,” ucap Fahri.

Salah seorang pendiri Garbi (Gerakan Arah Baru Indonesia) itu menyatakan bahwa lokasi itu lebih masuk akal karena bangsa ini ingin mendalami konsep negara maritim. Sehingga daerah kepulauan paling pas untuk kosep ibu kota negara.

“Enggak perlu disebutnya pindah, kayak Malaysia saja, ada Putra Jaya sebagai kantor pemerintahan baru, apalagi di Teluk Jakarta itu kan ada tanah reklamasi yang statusnya mengambang kan,” tuturnya.

Karena itu Fahri juga mengingatkan Presiden Jokowi akan konsep Indonesia sebagai negara maritim. Legislator asal Nusa Tenggara Barat (NTB) itu mengusulkan Kepulauan Seribu sebagai lokasi ibu kota yang baru.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top