News

Fakta-fakta Nasi Padang Babi hingga Dikritik Anggota DPR

Nasi Padang Babi

Adanya usaha kuliner nasi Padang dengan daging babi sebagai lauknya, menimbulkan kritik keras. Termasuk dari anggota DPR RI. Kehadiran usaha makanan online nasi Padang babi pun menjadi sorotan. Salah satu yang melontarkan kritik adalah anggota DPR Dapil Sumatera Barat 2, Supardi Gaus.

Politikus asal Sumatera Barat itu sangat terkejut dengan kehadiran nasi Padang babi yang sedang menjadi sorotan di sosial media. Diketahui, tempat makan yang berada di kawasan Kelapa Gading, Jakarta, tersebut memang menyajikan makanan khas Minang. Di bawah ini fakta-fakta terkait nasi Padang non-halal yang tengah ramai dibicarakan.

1. Kritik dari Anggota DPR

Guspardi Gaus melontarkan kritikan sekaligus keberatan atas munculnya kuliner Minan non-halal.

“Pemilik mempromosikan melalui platform daring pesan antar di mana terpampang jelas aneka masakan Minang nonhalal, nasi babi bakar, nasi babi rendang, gulai babi, nasi ramas babiambo, dan menu-menu lainnya. Bahkan, dalam keterangan di akun Instagram babiambo, dengan jemawanya menyebut sebagai yang pertama makanan Padang nonhalal di Indonesia,” kata dia.

Ia merasa keberatan karena nasi Padang adalah kuliner khas Minangkabau yang terjamin kehalalannya. Sehingga munculnya nasi Padang babi menurutnya tidak boleh dibiarkan.

Lihat Juga: Mengenal Bipang Ambawang Yang Viral Karena Disebut Jokowi

2. Usaha Kuliner Online

Menu nasi Padang babi ini ternyata dijual oleh rumah makan Babiambo. Tempat makan ini memang menyajikan nasi rames Padang non-halal.

Lokasinya di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Mereka menjual makanan secara daring alias online. Seperti lewat Instagram, situs e-commerce dan aplikasi ojek online.

3. Menawarkan Menu Nasi Padang Babi

Babiambo menawarkan nasi Padang non-hala dalam dua jenis. Yaitu nasi bungkus dan a la carte. Pada nasi bungkus misalnya, menu yang diunggulkan ada Nasi Rames Spesial Bambiambo. Isinya terdiri dari nasi putih, gulai babi, rendang babi, sayur singkong dan sambal cabe ijo. Satu porsi dijual sekitar Rp48.000.

Tidak ketinggalan menu yang kini bikin heboh, yakni nasi babi rendang. Potongan daging babi dijadikan masakan rendang dan dirames dengan kuah gulai serta sayur singkong. Untuk harganya yaitu Rp40.000. sedangkan menu a la carte, Babiambo menawarkan paket Babi Rendang Babiambo Frozen seharga Rp350.000 per 10 potong rendang babi.

4. Sudah Tutup

Soal viralnya menu yang mera tawarkan, Babiambo kini sudah menonaktifkan akun Instagram mereka. Selain itu, restoran mereka juga sudah nonaktif di merchant aplikasi ojek online.

Lihat Juga: Deretan Makanan Khas Bali Yang Wajib Ada Saat Perayaan Nyepi

Berdasarkan beberapa unggahan Instagram beberapa akun, salah satunya @infoklapagading_, Babiambo mulai mempromosikan usaha kuliner mereka sejak Januari 2021 dengan sistem pemesanan melalui Instagram.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top