News

Fakta-fakta Seragam Satpam Baru yang Dibilang Mirip Polisi India

Fakta-fakta Seragam Satpam Baru yang Dibilang Mirip Polisi India

Seragam satpam baru warnanya diubah dari cokelat muda jadi warna krem. Seragam baru satpam tersebut diperkenalkan Polri bersamaan dengan HUT Satpam ke-41 pada, 31 Januari 2022 lalu.

HUT Satpam ke-41 digelar Polri di lapangan Bhayangkara Mabes Polri. Sejumlah petugas satpam terlihat mengikuti upacara itu dengan mengenakan seragam baru berwarna krem dan celana cokelat tua.

4 Fakta Seragam Satpam Baru

Tidak Lagi Mirip dengan Seragam Polri

Anggota Komisi III DPR RI Fraksi PKB Rano Alfath mengapresiasi kebijakan Polri untuk mengubah warna seragam satpam. Rano menuturkan pemilihan warna seragam tersebut telah melewati proses pertimbangan secara terukur dari Polri.

Dengan warna baru tersebut, Rano menilai masyarakat tidak lagi dibuat bingung. Menurutnya, saat ini baik satpam maupun Polri telah mempunyai identitas masing-masing.

Ramai Dibilang Mirip Polisi India

Seragam satpam baru berwarna krem tersebut bukannya tanpa pro kontra. Sejumlah warganet menilai seragam satpam yang baru tersebut malah mirip polisi India. Namun tudingan tersebut ditampik oleh Rano Alfath yang menyebut seragam satpam yang baru tersebut tidaklah mirip dengan polisi India.

Hal senada juga disampaikan Anggota Komisi III DPR Fraksi Golkar Supriansa. Ia mengatakan warna segaram baru satpam yang dituduh mirip polisi India itu tak perlu dipermasalahkan.

Lihat Juga: Seragam Satpam Diubah Jadi Warna Krem, Apa Maknanya?

Warna apapun, menurutnya, tidak jadi persoalan asal tak mirip dengan warna partai politik di Indonesia. Hal tersebut justru akan menimbulkan kepentingan.

“Jadi menurut saya, tidak mempermasalahkan warnanya yang mirip baju polisi India. Apalagi kalau warnanya hanya mirip, bukan sama. Nanti kalau memilih warna yang ada samanya dengan warna baju partai politik di Indonesia tertentu lebih ramai lagi tanggapan orang. Jadi mending mirip dengan baju polisi India saja, lebih netral,” kata Supriansa.

Mendapat Sambutan Baik dari Asosiasi

Seragam satpam baru yang kini berwarna krem rupanya mendapat sambutan baik dari asosiasi pengguna jasa sekuriti di Tanah Air. Ketua Umum Asosiasi Pengguna Jasa Sekuriti Indonesia (Apjasi) Leonard Abdul Aziz mendukung langkah Polri dalam mengubah warna seragam satpam. Leonard juga berharap selain warna seragam baru juga diiringi dengan semangat baru dalam bertugas.

Kapolri Sebut Satpam Profesi Mulia dan Mitra Polri

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjadi pemimpin upacara HUT ke-41 Satpam di Lapangan Bhayangkara, Mabes Polri, Jakarta, Senin (31/1/2022). Upacara tersebut sekaligus untuk memperkenalkan kepada public warna seragam satpam baru.

Dalam arahannya, Kapolri memuji profesi satpam. Ia mengatakan satpam adalah pekerjaan mulia. Selain itu, ia juga menyebut bahwa satpam merupakan mitra Polri yang tercantum dalam UU No 2 Tahun 2022 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Lihat Juga: Kapolri Tuai Pujian dan Dukungan dari DPR Soal ‘Potong Kepala’

Mantan Kapolda Banten itu memaparkan kehadiran satpam dibutuhkan untuk menjaga stabilitas keamanan serta ketertiban masyarakat (kamtibmas). Polri tak bisa bekerja sendiri tanpa adanya dukungan masyarakat, khusunya dari satuan pengamanan yang tertulis dalam UU.

Sigit menjelaskan Satpam mempunyai peran besar dalam mencegah dan mengamankan lingkungan masyarakat. Tentunya, hal tersebut untuk meningkatkan rasa aman di masyarakat.

Itulah empat fakta terkait seragam satpam baru yang dapat diketahui.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top