News

Ferdy Sambo Tersangka, Kabareskrim: Ancaman Hukuman Mati

ferdy sambo dihukum mati

Mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo telah ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus penembakan Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat. Ferdy Sambo tersangka dengan dijerat Pasal 340 subsidair Pasal 338 juncto Pasal 55 juncto Pasal 56 KUHP tentang Pembunuhan Berencana dengan ancaman hukuman mati.

“Penyidik menerapkan Pasal 340 jo Pasal 338 jo Pasal 55 jo 56 KUHP dengan ancaman maksimal hukuman mati, penjara seumur hidup, atau penjara selama-lamanya 20 tahun,” ujar Kabareskrim Komjen Agus Andrianto lewat keterangan resmi Mabes Polri, Selasa (9/8/2022).

Selain hukuman pidana, Polri juga menyatakan penempatan khusus untuk Sambo. Sebelum Ferdy Sambo tersangka, dia juga sudah dimutasi dari jabatannya sebagai Kepala Divisi Propam Polri.

Ferdy Sambo Tersangka, Bharada E Ungkap Tak Ada Baku Tembak

Sebelumnya, Bharada E melalui kuasa hukumnya Muhammad Boerhanuddin juga mengaku tidak ada baku tembak dalam kasus tewasnya Brigadir J.

Ia menyampaikan tidak ada satu peluru pun yang ditembakkan oleh Brigadir J dalam peristiwa itu. Sehingga dia memastikan tak ada insiden tembak-menembak dalam peristiwa berdarah yang menewaskan Brigadir J.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga menyampaikan bahwa Tim Khusus (Timsus) tidak menemukan fakta kejadian tembak-menembak dalam kasus ini.

“Bahwa tidak ditemukan fakta peristiwa tembak menembak seperti yang dilaporkan,” kata Listyo saat konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta pada Selasa (9/8/2022).

Lihat Juga: Polri Tetapkan Irjen Ferdy Sambo Jadi Tersangka Kematian Brigadir J

Dia menyatakan, fakta peristiwa yang ditemukan Timsus adalah murni penembakan pada Brigadir J yang kemudian menyebabkannya meninggal dunia.

Kapolri melanjutkan, agar seolah-olah terjadi saling tembak, Ferdy Sambo melepaskan tembakan dengan senjata milik Brigadir J ke dinding berkali-kali. Ini untuk menciptakan kesan seolah telah terjadi aksi saling tembak.

“Terkait apakah saudara FS menyuruh atau terlibat langsung dalam penembakan, saat ini tim masih melakukan pendalaman terhadap saksi-saksi,” ungkapnya

“Telah dilaksanakan gelar perkara dan timsus telah menetapkan FS (Ferdy Sambo) sebagai tersangka,” tegas Listyo Sigit Prabowo dalam konferensi pers setelah menetapkan Ferdy Sambo tersangka.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top