News

Fix! PPKM Darurat Diperpanjang, Pasar Hingga Rumah Makan Dibuka Bertahap

PPKM Darurat Diperpanjang

PPKM darurat akan diperpanjang hingga 25 Juli 2021 mendatang dan mulai dilonggarkan pada 26 Juli apabila kasus COVID-19 melandai. Presiden RI Joko Widodo mengatakan, keputusan itu didasari oleh penurunan kasus COVID-19 karena adanya PPKM darurat yang berlaku sejak 3 Juli 2021.

“Usai diberlakukan PPKM darurat, tampah data penambahan kasus dan keterisian bed ruma sakit mengalami penurunan. Kita selalu memantau, memahami dinamika di lapangan dan mendengan suara rakyat yang terdampak PPKM,” kata Joko  Widodo dalam siaran Pernyataan Presiden RI terkait Perkembangan Terkini PPKM Darurat, Selasa (20/7/2021).

“Sebab itu apabila tren kasus terus menurun, maka tanggal 26 Juli 2021, pemerintah bakal melakukan pembukaan dengan bertahap,” sambungnya.

Lihat Juga: PPKM Darurat Bakal Diperpanjang Nggak Sih?

Pelonggaran tersebut akan dilakukan di berbagai sektor, seperti pasar hingga rumah makan.

“Pasar tradisional yang kebutuhan pokok sehari-hari diperbolehkan buka sampai pukul 20.00 kapasitas pengunjung 50%. Pasar tradisional yang menjual kebutuhan pokok diperbolehkan hingga jam 15.00 dengan kapasitas paling banyak 50%,” tutur Jokowi.

Presiden Jokowi juga mengatakan penerapan protokol kesehatan tetap jadi hal utama. Selain itu, PKL (pedagang kaki lima), toko kelontong, tempat potong rambut hingga agen dapat membuka usahanya sampai pukul 21.00.

“Lundry, pedagang asongan, benkel serta usaha kecil lainnya sejenis diperbolehkan buka dengan prokes hingga jam 21.00 yang pengaturan teknisnya ditentukan pemda,” terangnya.

Lalu tempat makan dan lapak jajanan juga dapat dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat hingga pukul 21.00. Sementara makan di tempat dibatasi maksimal 30 menit.

“Warung makan pedangan kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya serta tempat usaha di ruangan terbuka diperbolehkan buka dengan prokes ketat hingga jam 21.00. Serta maksimal waktu makan pengunjung tiga puluh menit,” ujar Jokowi.

Selain PPKM Darurat Diperpanjang, Pembagian Paket Obat Terus Berjalan

Lihat Juga: Pemerintah Bagikan Paket Obat Isoman Gratis, Begini Caranya

Selain PPKM darurat diperpanjang, Jokowi juga menyebut akan berusaha mengirimkan paket obat gratis. Terutama bagi pasien COVID-19 yang tengah menjalani isolasi mandiri baik pasien tanpa gejala maupun bergejala ringan.

“Pemerintah bakal terus membagikan paket obat gratis untuk pasien tanpa gejala dan bergejala ringan, yang rencananya sebanyak 2 juta paket obat,” kata Presiden Joko Widodo.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top