News

FPI Dibubarkan Pemerintah, Ini Sederet Riwayat dan Kontroversinya

FPI Dibubarkan Pemerintah, Ini Sederet Riwayat dan Kontroversinya

FPI dibubarkan secara resmi oleh pemerintah, termasuk simbol dan atributnya juga dilarang di wilayah NKRI. FPI memang sudah menuai kontroversi sejak awal berdirinya, yaitu pada tahun 1998. Sejak tahun itu, FPI sudah dipimpin oleh Muhammad Rizieq Shihab. Pada masa awal keberadaannya, FPI lantang menyuarakan penentangan ke Amerika Serikat yang kala itu menginvasi Afganistan.

Sejak kelahirannya, FPI memang seringkali melakukan penyerbuan dan perusakan di ‘tempat-tempat maksiat’. Selain itu, organisasi ini juga sering menyerang kelompok agama lain yang tidak satu paham dengan Rizieq Shihab, salah satunya adalah Ahmadiyah. Ketua Muhammadiyah kala itu, Ahmad Syafii Maarif menjuluki FPI sebagai Preman Berjubah karena tindakannya yang barbar tersebut.

Pada tahun 2003 lalu, FPI juga menjadi sorotan karena kasus sweeping di tempat hiburan malam. Rizieq menuding ada pejabat yang sengaja melindungi para pengusaha tempat hiburan malam tersebut. Imbasnya, Rizieq Shihab harus dibui setelah dijerat dengan Pasal 154 dan 160 KUHP.

Lihat Juga: FPI Buka Pendaftaran Jihad ke Myanmar

Tidak hanya itu, sebelum FPI dibubarkan, mereka juga pernah bersengketa dengan Gus Dur pada 2005. Presiden Abdurrahmad Wahid saat ini membela Ahmadiyah yang jadi sasaran FPI, bahkan Gus Dur tak segan untuk menyebutnya sebagai ‘organisasi bajingan’.

Lagi-lagi, FPI menimbulkan kontroversi saat bentrok dengan Aliansi Kebangsaan untuk Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan pada 1 Juni 2008 lalu. Rizieq Shihab kembali dijadikan sebagai tersangka. Kasus tersebut membuat pentolan FPI itu harus mendekam di penjara selama 1 tahun 6 bulan. Ia terbukti bersalah karena melakukan penghasutan.

Pada 2014, FPI juga terlibat sengketa dengan Gubernur DKI saat itu, Basuki Tjahja Purnama alias Ahok. Puncaknya, FPI menjadi salah satu penggerak dalam aksi 4 November 2016 dan 212. Aksi tersebut menuntut Ahok dijadikan tersangka dalam kasus penistaan agama.

Lihat Juga: Cek Fakta : FPI bubar dan ingin bergabung dengan NU?

Hari ini, melalui Menko Polhukam Mahfud MD, pemerintah menyatakan secara resmi bahwa FPI dibubarkan dan dilarang di Indonesia.

“Berdasar peraturan perundang-undangan dan sesuai dengan putusan MK Nomor 82 PUU112013 tertanggal 23 Desember tahun 2014. Pemerintah melarang aktivitas FPI dan akan menghentikan setiap kegiatan yang dilakukan FPI. Karena FPI tidak lagi mempunyai legal standing, baik sebagai ormas maupun sebagai organisasi biasa,” terang Mahfud Md saat konferensi pers di Kemenko Polhukam, Rabu (30/12/2020).

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top