News

FX Rudy: yang Deklarasi Ganjar Capres Rakyat Indonesia!

FX Rudy: yang Deklarasi Ganjar Capres Rakyat Indonesia!

Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo alias FX Rudy berbicara soal deklarasi Ganjar Pranowo sebagai capres di Pilpres 2024. FX Hady mengisyaratkan Ganjar layak menjadi Presiden berikutnya.

“Kalau bangsa Indonesia ingin mendapatkan anugerah, ya Ganjar Pranowo. Ini dikatakan deklarasi ya monggo. Yang punya hak untuk memberi sanksi itu DPP,” kata FX Rudy, Kamis (14/10/2021).

FX Rudy kemudian menyoroti pernyataan Ketua DPD PDIP Jawa Tengah Bambang Pacul mengenai sebutan ‘celeng’ terhadap kader-kader yang mendeklarasikan capres mendahului Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Mantan Wali Kota Solo itu menegaskan pentingnya mengenalkan kandidat potensial capres sejak awal.

“Dan itulah demokrasi. Cepat lebih menguntungkan itu singkatan celeng. Ini kalau yang namanya mengenalkan orang tidak dari awal ya kapan kenalnya?” tegas dia.

FX Rudy menilai deklarasi oleh sejumlah kader PDIP tidak dilakukan atas dasar perintah Ganjar. Menurutnya, deklarasi itu dilakukan atas dasar rakyat Indonesia mengetahui kinerja Gubernur Jawa Tengah itu.

“Pak Ganjar sendiri juga tidak minta untuk dideklarasikan. Yang mendeklarasikan adalah rakyat Indonesia yang mengetahui kinerjanya. Jadi, tidak salah teman-teman mendeklarasikan itu,” sambungnya.

FX Rudy Bela Kader ‘Celeng’

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Jawa Tengah Bambang Pacul mempersoalkan sejumlah kader yakni Albertus Sumbogo dan kawan-kawan mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo. Bambang menyebut mereka bukanlah barisan banteng, melainkan celeng.

“Adagium di PDIP itu yang di luar barisan bukan banteng, itu namanya celeng. Jadi apapun alasan itu yang deklarasi, kalau di luar barisan, ya celeng,” kata Bambang.

Menanggapi hal itu, FX Rudy menilai Bambang tidak menggunakan logikanya saat melontarkan sebutan itu. Dia lantas membela kader PDIP yang disebut oleh Ketua DPP PDIP Jateng itu sebagai ‘celeng’.

“Saya menanggapi perkataan mas Bambang Pacul ini, menurut saya, tidak pernah menggunakan logika berpikir. Tapi kalau bagi saya, lebih mengambil pada pesan dari orang tua: nek mlaku mbok yo ojo koyo celeng (kalau jalan jangan seperti celeng). Itu jalannya celeng kan lurus, sehingga kalau mendeklarasikan itu sebetulnya tegak lurus,” tutur FX Rudy.

Mantan Wali Kota Solo itu menegaskan, pada akhirnya, kader yang disebut Bambang sebagai celeng itu akan kembali ke barisan banteng. Oleh karenanya, dia meminta semua pihak setop mengomentari deklarasi dukungan yang dilakukan oleh siapa saja.

“Kalau Ketum (Megawati Soekarnoputri) sudah memutuskan A, pasti celeng-celeng ikut A. Saya berharap sudahlah tidak perlu mengomentari deklarasi-deklarasi siapa pun. Karena, yang namanya pemilihian Presiden tidak hanya PDIP yang memilih. Yang memilih rakyat Indonesia yang jumlahnya 250 juta,” tegasnya.

Keputusan Ada di Tangan Megawati

Lebih lanjut, FX Rudy menegaskan keputusan pencapresan ada di tangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Dia lantas mengungkit kemunculan nama Gibran Rakabuming di Pilkada Solo lalu.

“Kalau Ketum memutuskan yang lain, itu keputusan Ketum. Solo kan sudah pernah mengalami. Partai sudah punya pencalonan namun ketika Ketum memutuskan mas Gibran dan pak Teguh, hukumnya PDIP berjuang untuk memenangkan,” papar FX Rudy.

Oleh karenanya, FX Rudy meminta tidak ada yang meributkan deklarasi dukungan terhadap ganjar. Menurut dia, adalah hal penting memperkenalkan kandidat potensial capres ke publik.

“Sama dengan 2024 tidak perlu diributkan. Deklarasi ya biarkan, demokrasi mulai sekarang menyampaikan, menawarkan seseorang kepada rakyat adalah hal yang penting. Saya berharap tidak perlu diperpanjang terus. Jika ini diperkeruh, lama-kelamaan banteng-banteng celeng ini akan deklarasi semua,” sambungnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top