News

Ganip Warsito Resmi Dilantik Jadi Kepala BNPB Gantikan Doni Munardo

Ganip Warsito Resmi Dilantik Jadi Kepala BNPB Gantikan Doni Munardo

Letjen TNI Ganip Warsito resmi menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) setelah dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta pada, Selasa (25/5/2021). Perwira tinggi TNI AD itu menggantikan Doni Monardo yang sebentar lagi akan pensiun dari dinas kemiliterannya pada 1 Juni 2021.

Pratikno, Menteri Sekretaris Negara mengatakan Presiden Joko Widodo ingin terdapat tradisi di mana posisi Kepala BNPB merupakan seorang perwira tinggi aktif.

“Presiden ingin tradisi yang mengetuai BNPB merupakan perwira tinggi aktif. Di antaranya supaya tiap terjadi bencana dapat mudah menerjunkan pasukan,” tuturnya, seperti dikutip dari laman Kompas.id, Selasa (25/5/2021).

Lihat Juga: Respons Cepat Gempa Majene, Jokowi Kerahkan Pasukannya

Pengalaman Ganip Warsito Di  Militer

Pria yang lahir di Magelang, 23 November 1963 ini adalah lulusan akademi militer 1986. Sebagai Letnan Jenderal, Ganip termasuk bukan orang sembarangan, ia memiliki pengalaman di bidang infanteri.

Bidang infanteri adalah pasukan tempur darat yang merupakan pertempuran jarak dekat. Sebagai perwira tinggi aktif, ia telah menjabat di beberapa posisi penting di tubuh TNI. Saat berpangkat Brigadir Jenderal atau jenderal bintang satu, ia dipercaya untuk mengisi kursi Direktur Latihan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan, serta Latihan TNI AD pada 2014.

Ia mengemban jabatan tersebut selama satu tahun. Karena pada 2015, ia dipercaya untuk menjadi Panglma Divisi Infanteri 2 / Kostrad berpangkat Mayor Jenderal atau jenderal bintang dua. Saat masih memegang pangkat Mayor Jenderal, pada 2016 Ganip Warsito ditunjuk menjadi Pa Sahli Tk III Bidang Polkamnas Panglima TNI. Selain itu pada 2016-2018 ia menjadi Pangdam XIII/Merdeka untuk komando kewilayahan pertahanan Sulawesi Utara, Gorontalo, serta Sulawesi Tengah.

Setelah itu dengan berpangkat Letjen, pada 2019-2021 ia menduduki posisi Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III. Selanjutnya ia ditunjuk Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk menjadi Kepala Staf Umum TNI pada 1 Februari 2021. Jabatan tersebut menjadi yang terakhir sebelum akhirnya dipilih sebagai pemimpin BNPB.

Sudah Resmi Dilantik

Ganip Warsito resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada Selasa (25/5/2021) pukul 10.30 WIB.Pelantikan tersebut dibacakan langsung oleh Ninik Purwati, Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara.

Sementara Presiden Jokowi memimpin pengambilan sumpah jabatan Ganip sebagai pemimpin BNPB. Selanjutnya, Ganip mengikuti pembacaan sumpah yang dibacakan oleh Presiden Joko Widodo.

To Top