News

Ganti Nama Jadi PPKM Level 4, Ini Syarat Perjalanan Terbaru

Syarat Perjalanan PPKM Level 4

Pemerintah akhirnya memperpanjang PPKM darurat Jawa-Bali sampai 25 Juli mendatang. Kini, nama PPKM darurat berubah menjadi PPKM Level 4. Perubahan tersebut tertulis dalam Instruksi Mendagri No 22 Tahun 2021 mengenai PPKM Level 4 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali. Instruksi Mendagri tersebut diteken oleh Tito Karnivian pada Selasa (20/7/2021). Aturan itu juga akan berlaku hingga Minggu (25/7/2021).

Untuk menetapkan level tiap wilayah, akan mengacu pada indikator penyesuaian upaya kesehatan masyarakat serta pembatasan sosial dalam menanggulangi pandemi COVID-19, yang ditetapkan oleh Menkes.

Contohnya, saat ini di Jakarta yang masuk dalam wilayah PPKM Level 4 yaitu Kabupaten Administasi Kepulauan Seribu. Selain itu, termasuk pula Kota Administrasi Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Utara dan Jakarta Pusat.

Sementara untuk syarat perjalanan baik dalam maupun antarkota, tak ada perubahan dibanding periode PPKM sebelumnya. Perjalanan darat (bus, mobil pribadi dan motor), laut, udara serta kereta wajib mematuhi syarat-syarat yang telah ditentukan sebelumnya.

Syarat Perjalanan PPKM level 4

Sama seperti periode sebelumnya, pelaku perjalanan juga harus memenuhi syarat-syarat:

  1. Menunjukkan kartu vaksin dengan minimal vaksin dosis pertama
  2. Menunjukkan PCR setidaknya H-2 untuk moda transportasi udara, dan Antigen setidaknya H-1 untuk transportasi pribadi seperti motor, bus, kereta api dan kapal laut
  3. Dua ketentuan di atas hanya berlaku untuk keberangkatan serta kedatangan dari dan menuju Jawa-Bali. Selain itu, syarat tersebut tak berlaku untuk pelaku perjalanan di wilayah aglomerasi, contohnya untuk wilayah Jabodetabek
  4. Khusus sopir kendaraan logistik serta transportasi barang lainnya dikecualikan dari syarat memiliki kartu vaksin

Lihat Juga: Fix! PPKM Darurat Diperpanjang, Pasar Hingga Rumah Makan Dibuka Bertahap

Istilah PPKM Level 4 sendiri sesuai dengan rekomendasi Badan Kesehatan Dunia (WHO) terkait situasi COVID-19 di sebuah wilayah. Untuk level 4, yaitu situasi di mana lebih dari 150 kasus per 100.000 penduduk. Lebih dari 30 kasus yang membutuhkan perawatan rumah sakit per 100.000 penduduk, dan lebih dari 5 kasus meninggal dunia per 100.000 penduduk.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top