News

Gempa Di Malang Terasa Hingga Jawa Tengah

Gempa Di Malang Terasa Hingga Jawa Tengah

Gempa Di Malang bermagnitudo 6,1 dan terasa hingga Kota Yogyakarta, Jawa Tengah dan Kabupaten Bantul. Dalam keterangan tertulis BMKG, gempa tersebut terjadi pukul 14.00 WIB dan berada di titik koordinat 9,95 Lintang Selatan dan 112,48 Bujur Timur.

Sementara, episenter gempa terletak di laut dengan jarak 90 km dari arah barat daya Kab. Malang dengan kedalaman 25 km. BMKG menyatakan sudah 3 kali gempa susulan setelah gempa utama yang berkekuatan (M) 6,1 itu.

“Hingga detik ini telah terjadi gempa susulan sebanyak 3 kali, dengan Magnitudo (M) 3,1; 3,8; serta 3,6,” ungkap Bambang Setiyo Prayitno, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG saat jumpa pers via YouTube, Sabtu (10/4/2021).

Titik Gempa Malang Di Zona Megathrust

Daryono, Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG mengungkapkan, gempa di Malang tersebut akibat deformasi slip lempeng Australia. Gempa tersebut berasa di zona megathrust.

“Jadi berada di zona megathrust ya. Harus disyukuri, dengan kedalaman 80 km itu tak menimbulkan tsunami,” tutur Daryono.

Ia menjelaskan bahwa zona sesar tersebut sensitif terhadap tsunami, namun tsunami dapat terjadi jika gempa berkekuatan lebih dari M 7.

“Sebab jika melihat mekanisme sumbernya ini merupakan sesar naik. Jadi sensitif terhadap tsunami kalau kekuatannya besar di atas 7 serta memiliki kedalaman lebih dangkal,” tuturnya.

Selain itu, ia menjelaskan gempa di kawasan Kabupaten Malang terbilang kompleks, karena terjadi hampir dua bulan sekali.

“Dan jika kita lihat kawasan Malang ini memang seismik aktif dan kompleks ya. Sebab hampir 2 bulan sekali dirasakan,” kata Daryono.

Lihat Juga: Jangan Panik! Ini Tips Hadapi Gempa yang Ampuh

Jatim Waspada Longsor Setelah Gempa Di Malang

BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca untuk wilayah Jawa Timur, yang diprediksi akan turun hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

“Dari BMKG Jatim ada peringatan dini cuaca yang dimulai pukul 14.50 diprediksi akan selesai pukul 17.30. diprediksi akan terjadi hujan sedang hingga lebat,” kata Kepala BMKG Dwikoria Karnawati, dalam konferensi pers pada, Sabtu (10/4/2021).

Dwikorita juga meminta masyarakat untuk memperhatikan prediksi yang dikeluarkan, karena gempa di Malang baru saja terjadi. Sejauh ini, sejumlah rumah dan bangunan fasilitas publik mengalami kerusakan akibat gempa tersebut.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top