News

Gempa di Pasaman Barat: Guncangan Terasa Hingga Malaysia dan Sebabkan 2 Orang Tewas

Gempa di Pasaman Barat

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Suharyanto menyampaikan sebanyak dua orang meninggal dunia dan 20 lainnya luka-luka akibat gempa di Pasaman Barat, Sumatera Barat, Jumat (25/2/2022).

"Barusan saja kami dapat informasi ternyata sudah ada korban jiwa yaitu di Kabupaten Pasaman Barat sudah ada data yang menyatakan dua orang meninggal dunia dan 20 orang luka-luka," ujar Suharyanto dalam konferensi pers virtual, Jumat (25/2/2022).

Ia menuturkan data tersebut adalah data sementara. Suharyanto juga memastikan pihaknya terus berkoordinasi untuk mengumpulkan data para korban gempa di Pasaman Barat.

Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6,2 melanda wilayah Sumatera Barat, Jumat (25/2/2022). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa tersebut terjadi pada pukul 8.39 WIB.

"Telah terjadi gempa bumi tektonik dengan kekuatan 6,2 di Pasaman Sumatera Barat. Tepatnya pada pukul 8.39 menit 29 detik WIB di wilayah Talamau, Pasaman Barat, Sumatera Barat," jelas Kepala BMKG Dwikorita pada kesempatan yang sama, Jumat (25/2/2022).

Lokasi gempa berada di 0,14 Lintang Utara, 99,94 Bujur Timur atau 12 kilometer Timur Laut Pasaman Barat, Sumatera Barat.

Lihat Juga: 4 Hal Yang Membuat Gempa Bali Kecil Namun Mematikan

Terkait gempa di Pasaman Barat, Dwikorita mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tak mempercayai isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Selain itu, warga juga diminta untuk menjauh dari bangunan yang retak atau rusak karena gempa.

Guncangan Gempa di Pasaman Barat Terasa Hingga Malaysia

Gempa Pasaman Barat pada, Jumat (25/2/2022) pagi WIB dengan kedalaman 10 kilometer ini juga dirasakan oleh warga di Semenanjung Malaysia.

Guncangan gempa juga dirasakan oleh sejumlah warga yang berada di Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur. Selain itu, getaran gempa juga terasa di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) dan apartemen Sri Kenny yang terletak bersebelahan dengan sekolah tersebut.

Kantor Meteorologi Malaysia Kementerian Alam Sekitar dan Air melalui pernyataannya menyatakan gempa bumi cukup kuat telah terjadi di utara Sumatera, Indonesia.

"Tidak ada ancaman tsunami kepada Malaysia. Gempa dirasakan di bagian Barat Semenanjung terutama di Selangor, Perak, Negeri Sembilan, Melaka dan Johor," katanya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top