News

Gempa Majene dan Mamuju Sebabkan 27 Orang Tewas, Ribuan Lainnya Mengungsi

Gempa Majene dan Mamuju Sebabkan 27 Orang Tewas, Ribuan Lainnya Mengungsi

Korban gempa Majene dan Mamuju terus bertambah, dari data terbaru siang ini sudah 27 orang yang meninggal akibat dari gempa di Majene, Sulawesi Barat tersebut.

“Update, Jumat (15/01/2021) pukul 11.10 WIB. Korban jiwa di Kabupaten Majene 8 orang (MD), sekitar 637 orang luka-luka, dan sekitar 15.000 orang mengungsi,” terang BNPB Indonesia, Jumat (15/1/2021).

Terdapat sepuluh titik pengungsian yaitu Desa Lombong, Desa Lakkading, Desa Mekata, Desa Deking, Desa Kabiraan, Desa Kota Tinggi, Desa Limbua di Kecamatan Ulumanda, Desa Kayu Angin, Kecamatan Malunda dan Kecamatan Sendana. Gempa di Majene, Sulawesi Barat tersebut juga menghancurkan beberapa bangunan.

“Kerugian materil Kabupaten Mamuju, rumah warga (masih pendataan), Hotel Maleo, kantor Gubernur Sulbar, RSUD Mamuju, satu minimarket (rusak berat), listrik padam, komunikasi seluler terhambat,” terang BNPB.

“Kabupaten Majene. 3 titik longsor di sepanjang jalan poros Majene-Mamuju akses terpitis, 300 unit rumah rusak (masih pendataan), satu puskesmas rusak berat, satu kantor Danramil Malunda rusak berat, listrik padam, komunikasi seluler tidak stabil,” tambah keterangan BNPB.

Saat ini pihak BPBD Kabupaten Majene, Mamuju, dan Polewali Mandar melakukan pendataan dan mendirikan posko pengungsian. BPBD setempat berkoordinasi bersama TNI-Polri, Basarnas, dan relawan serta instansi terkait dalam menanggulangi gempa di Majene.

Lihat Juga: Terkait Gempa Mamuju, Berikut Hasil Analisis BMKG

Total korban jiwa gempa Mamuju dan Kabupaten Majene sementara ini 27 orang.

“Gempa yang berdampak luar biasa ke 2 kabupaten terdekat di Majene dan Mamuju. Di Mamuju laporan ada 18 orang meninggal dunia, karena runtuhan gempa dan di Majene tercatat 9 orang meninggal dunia,” terang Kepala Pelaksana BPBD Sulbar Darno Majid pada Jumat (15/1/2021).

Sedangkan bagi para pegungsi di Kabupaten Majene, pemerintah daerah setempat menempatkan mereka di stadion dan tetap dalam pengawasan. Menurut Darno Majid yang menjadi kendala saat ini adalah jaringan listrik yang masih padam dan komunikasi tersendat.

Terkait kejadian gempa bumi tersebut, Presiden RI Joko Widodo memerintahkan Menteri Sosial Tri Rismaharini datang langsung ke Sulawesi Barat. Menteri Sosial akan berangkat ke Mamuju menggunakan pesawat AU.

To Top