News

Gempa Terkini: Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Selatan Jawa Barat

Gempa Terkini: Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Selatan Jawa Barat

Hari ini, Rabu (14/4/2021), selatan Jawa Barat diguncang gempa berkekuatan Magnitudo 5,1. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa ini tidak berpotensi tsunami. Gempa terjadi di wilayah Jawa Barat pada pukul 13:28 WIB dan merupakan gemopa tektonik.

Berdasarkan analisa BMKG, gempa ini berkekuatan M 5,1, terkoreksi Mw 4,9. Bambang Setiyo Prayitno, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, mengatakan dalam perilisannya, pusat gempa atau episenter terletak di koordinat 7,4 LS dan 105,92 BT.

Lebih tepatnya, lokasi gempa ini berada di laut yang berjarak 83 km arah barat daya Kota Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dengan kedalaman 21 km.

“Dengan memperhatikan letak episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi adalah jenis gempa bumi dangkal berasal dari aktivitas subduksi,” tutur Bambang.

Selain itu, Bambang menuturkan berdasarkan analisa menunjukkan bahwa gempa di Jabar ini mempunyai mekanisme pergerakan naik atau thrust fault. Lebih lanjut, Bambang mengatakan bahwa guncangan gempa terasa di daerah Kalapanunggal, Cisaat Kab. Sukabumi, Jawa Barat. Gempa terasa dengan intensitas III MMI, atau getarannya terasa di dalam rumah, seperti ada truk lewat.

Dampak Gempa Jawa Barat

Bahkan, getaran gempa juga dirasakan di Jakarta, Bayah, Pelabuhan Ratu, Curug Kembar, Sagaranten. Di wilayah tersebut getaran gempa terasa dengan intensitas II MMI. Artinya, guncangan gempa dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda yang tergantung bergoyang.

“Sampai sekarang ini belum ada laporan dampak kerusakan yang diakibatkan gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan memperlihatkan kalau gempa bumi ini tak berpotensi tsunami,” terang Bambang.

Hingga pukul 13,45 WIB, menurut hasil pemantauan belum ada gempa susulan atau aftershock. Masyarakat di wilayah gempa juga diimbau untuk menjauh atau menghindari bangunan yang retak maupun rusak akibat gempa.

Lihat Juga: Gempa Di Malang Terasa Hingga Jawa Tengah

“Periksa dan pastikan bangunan di kediaman anda cukup tahan gempa. Dan tak ada kerusakan karena getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah,” kata Bambang.

Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tak terpengaruh oleh berita bohong atau isu-isu terkait gempa yang terjadi di wilayah Jawa Barat hari ini.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top