News

Gempa Terkini: Nias Barat Diguncang Gempa Magnitudo 7,2

Gempa Terkini: Nias Barat Diguncang Gempa Magnitudo 7,2

Gempa bumi mengguncang Nias Barat, Sumatera Utara, Jumat (14/5/2021) pukul 13.33 WIB. BMKG mencatat gempa tersebut bermagnitudo 7,2 skala richter (SR). Melalui akun Twitter resminya, BMKG menyampaikan gempa terjadi di 0.10 Lintang Utara (LU) dan 96.53 Bujur Timur (BT). Lalu pusat gempa bumi terletak di laut 141 Km Barat Daya Nias Barat-Sumatera Utara, kedalaman 19 Km dan tak berpotensi tsunami.

“Gempa Mag: 7,2, 14-Mei-2021 13:33:07 WIB, Lokasi: 0.10 LU, 96.53 BT (141 kilometer BaratDaya NIASBARAT-Sumatera Utara), kedalaman: 19Km, tidak terhantam tsunami,” tulis BMKG dalam keterangannya, Jumat (14/5/2021).

Lihat Juga: Gempa Di Malang Terasa Hingga Jawa Tengah

“Dengan memperhatikan letak episenter serta kedalaman hiposenternya. Gempa yang terjadi adalah jenis gempa bumi dangkal yang terletak di zona outer-rise,” kata BMKG dalam keterangannya.

Hal tersebut sesuai dengan hasil analisa BMKG yang menunjukkan bahwa gempa bumi di Nias Barat itu memiliki mekanisme sesar turun.

Selain itu, berdasarkan keterangan pers, gempa ini dirasakan hingga ke wilayah lain (MM) II-III Sanana, II-III Kao, II-III Tobelo, II-III Ternate, III Taulud. Hiramo, Kepala Sub Bidang Direktorat Tanggap Darurat BPBD Kab. Nias Barat, melaporkan guncangan itu membuat masyarakat keluar rumah dan panik.

“Masyarakat panik serta ke luar rumah,” tulis Hiramo melalui keterangan tertulis.

Saat ini tim reaksi cepat daerah setempat tengah mengkaji secara cepat dan berkoordinasi bersama instansi serta pihak terkait.

Lihat Juga: Jangan Panik! Ini Tips Hadapi Gempa yang Ampuh

Hingga saat ini masih belum ada laporan terkait korban jiwa maupun kerugian materil akibat gempa. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyampaikan hasil analisis InaRISK, kawasan Kabupaten Kepulauan Mentawai termasuk ke dalam wilayah berpotensi bahaya gempa bumi sedang hingga tinggi.

Dengan luas bahaya mencakup 598.000 hektar yang di dalamnya terdapat 10 kecamatan yang memiliki potensi bahaya tersebut. BNPB pun mengeluarkan imbauan kepada masyarakat agar tetap waspada dan siaga dengan adanya potensi gempa, mengingat gempa bumi terjadi tanpa bisa diprediksi.

To Top