News

Gerhana Bulan Penumbra Akan Terjadi Pada 16 -17 September

Gerhana Bulan Penumbra Akan Terjadi Pada 16 -17 September

September 2016 ini akan menjadi peristiwa Gerhana bulan penumbra, dimana gerhana penutup sepanjang tahun ini. Peristiwa gerhana tersebut dapat dilihat disebagian besar diwilayah seluruh Indonesia.

Gerhana bulan penumbra tersebut akan muncul pada 16 September 2016 sekitar pukul 23.54 WIB. Puncak gerhana bulan penumbra akan terjadi pada 17 September 2016 pukul 02.55 WIB dan akan selesai pada pukul 0.05 WIB. Saat gerhana, cahaya bulan purnama akan meredup.

Penampakan gerhana bulan penumbra dari seluruh wilayah Indonesia, hanya Papua yang tidak terlihat penampakan gerhana bulan penumbra tersebut.

Terjadinya gerhana bulan penumbra disaat matahari, bumi, dan bulan pada posisi sejajar. Disaat itu , cahaya matahari ke bulan terhalang bumi akan tetapi tidak sampai menimbulkan gerhana total atau parsial. Terhalangnya sinar tersebut membentuk daerah bayangan inti atau yang disebut umbra.
Gerhana Bulan SeptemberJika bulan berada di area umbra, kemungkinan terjadi gerhana bulan total atau sebagian. Terhalangnya sinar matahari juga dapat membentuk wilayah bayangan samat ‘penumbra’ dimana mengapit wilayah umbra.

Gerhana bulan penumbra 17 September bisa telihat di sebagian besar wilayah Indonesia. Merupakan gerhana bulan penutup sepanjang tahun ini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top