News

Golkar Dukung Jokowi Mobilisasi Internasional Hentikan Agresi Israel

Golkar Dukung Jokowi Mobilisasi Internasional Hentikan Agresi Israel

Ketua DPP Golkar sekaligus anggota Komisi I DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi menanggapi pemimpin Hamas Ismail Haniyeh yang meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) memobilisasi dukungan negara Islam dan internasional untuk menghentikan agresi dan teror yang dilakukan Israel terhadap Palestina. Bobby menegaskan pihaknya mendukung Jokowi melakukan apa yang diinginkan pemimpin Hamas itu.

“Kami mendukung pak Jokowi kiranya ikut berpartisipasi aktif melakukan memobilisasi internasional untuk hentikan agresi Israel,” kata Bobby, Kamis (20/5/2021).

Bobby meyakini Hamas tidak mungkin meminta bantuan Jokowi untuk memobilisasi dukungan negara Islam dan internasional terhadap Palestina dengan tanpa alasan. Dia menilai Jokowi memiliki pengaruh besar dalam upaya perdamaian di Palestina.

“Ini menunjukkan wibawa Presiden Jokowi sebagai pemimpin negara mayoritas Islam terbesar, yang dianggap mampu memberikan pengaruh signifikan terhadap proses perdamaian di Palestina,” paparnya.

Politikus Golkar itu kembali menekankan dukungannya terhadap Jokowi untuk menjalankan permintaan dari Hamas. Dia melihat dukungan Indonesia terhadap Palestina telah ditunjukkan dalam organisasi kerja sama Islam (OKI) belum lama ini.

“Kami dukung pak Jokowi, ini juga ditunjukkan dalam forum antar Menlu OKI di mana Menlu Retno menyampaikan pandangan politik Indonesia yang tegas menyebut Israel adalah sumber penderitaan dunia. Dan, menyerukan negara-negara OKI untuk aktif melakukan negosiasi multilateral, baik dalam Forum PBB dan forum lainnya,” sambung dia.

Pemimpin Hamas Surati Jokowi

Sebelumnya, pemimpin Hamas Ismail Haniyeh menyurati Presiden Jokowi dengan maksud meminta bantuannya memobilisasi dukungan negara Islam dan internasional terhadap Palestina. Haniyeh berharap serangan yang dilakukan Israel terhadap Palestina bisa segera dihentikan.

“Kami meminta Anda untuk segera bertindak dan memobilisasi dukungan Arab, Islam dan internasional untuk mengambil sikap yang jelas dan tegas untuk mewajibkan penduduk Israel segera menghentikan agresi dan terornya di jalur Gaza,” ujar Haniyeh dalam surat yang dikirimkannya ke Jokowi.

Haniyeh juga meminta pemimpin Indonesia itu menyerukan diakhirinya berbagai kekerasan yang dilakukan Israel terhadap penduduk Palestina. Dia berharap jemaah Masjid Al-Aqsa bisa menunaikan ibadah dengan bebas.

“Termasuk skema Yudaisasi, permukiman, pengusiran paksa dan diskriminasi rasial dan mencabut semua keputusan yang menargetkan pintu gerbang dan lingkungannya, terutama lingkungan Sheikh Jarrah. Semoga Tuhan memberkati dan mengaruniakan kesuksesan dan kemajuan Indonesia lebih lanjut,” sambungnya.

Indonesia Kecam Agresi Israel

Di sisi lain, Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menegaskan Indonesia akan tetap terus berpihak pada Palestina. Indonesia, kata Moeldoko, mengecam serangan yang dilakukan Israel terhadap Palestina.

“Pada dasarnya sikap Indonesia terhadap Palestina tidak pernah berubah. Dalam konteks situasi yang baru saja berkembang, Indonesia telah mengecam atas tindakan kekerasan. Yaitu serangan secara ekskalatif yang dilakukan oleh Israel ke Gaza yang menewaskan banyak korban, termasuk anak-anak dan perempuan. Dan, juga kerusakan yang parah di antaranya kantor berita Associated Press dan Al-Jazeera yang merupakan pelanggaran terhadap prinsip jurnalisme internasional,” ucap Moeldoko, Kamis (20/5/2021).

Mantan Panglima TNI itu kemudian mengungkapkan bahwa pemerintah Indonesia telah mengupayakan diakhirinya serangan Israel ke Palestina. Pemerintah Indonesia, lanjut dia, berharap keadilan ‘hadir’ untuk penduduk Palestina.

“Indonesia sangat prihatin atas munculnya sebuah situasi di mana krisis kemanusiaan telah terjadi di sana. Indonesia baik Presiden maupun Menlu telah berkomunikasi dengan pemimpin berbagai negara agar dapat membantu penyelesaian Palestina dan terutama untuk bisa mengakhiri tindak kekerasan. Sehingga, korban jiwa tidak semakin bertambah dan juga menghadirkan keadilan bagi masyarakat Palestina,” sambungnya.

To Top