News

Golkar-PAN-PPP Bentuk Koalisi Indonesia Bersatu Jelang Pemilu 2024

Koalisi Indonesia Bersatu

Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN Zulkifli Hasan dan Ketum PPP Suharso sepakat untuk membangun koalisi gagasan jelang Pemilu 2024. Belakangan Golkar menyebut koalisi itu bernama Koalisi Indonesia Bersatu.

Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily mengatakan meski Pemilu 2024 masih akan digelar dua tahun lagi, namun Koalisi Indonesia Bersatu dibentuk untuk menyambut Pemilu 2024.

Komitmen ketiga partai ini juga menunjukkan keseriusan dalam membangun ide guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Komitmen kerja sama 3 partai politik, yaitu Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dalam pertemuan tanggal 12 Mei 2022, merupakan langkah awal bagi terbangunnya koalisi bersama partai politik menjelang Pemilu 2024,” kata Ace dalam keterangannya, Jumat (13/5/2022).

Alasan Golkar-PAN-PPP Bentuk Koalisi Indonesia Bersatu

Menurutnya, ketiga partai politik (parpol) tersebut telah berpengalaman dalam dinamika politik dan pemerintahan Indonesia. Hal itu yang kemudian jadi salah satu alasan Koalisi Indonesia Bersatu dibentuk.

Ace yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI itu menganggap dua pemilihan presiden (pilpres) terakhir pada pemilu sebelumnya menyisakan pembelahan sosial dari pendukung masing-masing. Hal tersebut, kata dia, tak boleh terulang kembali di Pemilu 2024 mendatang.

“Dua pilpres terakhir menyisakan trauma yang mendalam. Pembelahan sosial, polarisasi yang tidak kunjung sembuh meskipun pemilu sudah usai. Semaraknya politik identitas mewarnai lanskap politik kita.”

Lihat Juga: Ada Isu Penggulingan Airlangga Hartarto, Golkar Dinilai Masih Kukuh

“Tiga partai yang berkumpul sepakat bahwa dalam Pemilu 2024 nanti kita tidak boleh mengalami atau terjebak pada hal yang sama. Kami ingin pemilu menjadi ajang kontestasi ide, gagasan, track record, dan prestasi,” sambung Ace.

Ace juga mengatakan tujuan dibentuknya Koalisi Indonesia Bersatu adalah untuk menjadikan RI lebih maju. Bila ada persaingan, menurut dia, hal tersebut harus secepatnya berakhir setelah gelaran pemilu juga usai.

“Sebab tujuan kita satu, menjadikan Indonesia yang lebih Makmur, lebih kaya, dan lebih maju di masa depan. Kalaupun ada persaingan, maka bentuknya harus friendly competition. Persaingan yang akan segera usai setelah pemilu juga usai. Karena kita butuh Bersatu agar bisa bersama-sama membangun Indonesia,” tuturnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top