News

Gunung Agung Meletus, Abu Vulkanik Berterbangan

Gunung Agung Meletus 2017, Abu Vulkanik Berterbangan

Gunung Agung Meletus Peringatan bagi warga terdampak erupsi Gunung Agung. Segera mengungsi dan mencari perlindungan. Pasalnya, setelah Sabtu sore terjadi erupsi freatik, pada pukul 23.00 Wita waktu setempat, Gunung Agung kembali meletus besar.

Pantauan visual PVMBG, terjadi letusan dengan ketinggian 1.000 meter dengan warna asap kelabu. Juga dilaporkan telah turun abu vulkanik di sekitar Pos Rendang, Menanga, Besakih, Kubakal dengan intensitas tipis.

“Terlihat nyala api di puncak Gunung Agung,” ujar Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui akun twitter, Sabtu malam.

Dalam rilisnya, PVMBG mencatat terjadi letusan besar dengan durasi 40 detik, dan tremor non harmonik dua kali dengan durasi 30 – 180 detik.

Selain itu terjadi gempa vulkanik dangkal dan dalam dengan jumlah bervariasi selama kurang lebih 6 – 16 detik.

“Masyarakat di sekitar Gunung Agung agar tidak berada, tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di Zona Perkiraan Bahaya di seluruh area

di dalam radius 6 km dari kawah dan ditambah perluasan sektoral ke arah utara – timur laut dan tenggara – selatan – barat daya sejauh 7,5 km,” kata staf PVMBG Nurul Husaeni dalam rilisnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top