News

Gunung Merapi Erupsi, Hujan Abu Guyur Sleman

Gunung Merapi Erupsi, Hujan Abu Guyur Sleman

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mengeluarkan laporan terkait Gunung Merapi yang mengalami peningkatan pada Minggu (10/1). Dalam catatan tersebut, sebanyak 29 kali lava pijar dimuntahkan oleh Merapi yang meluncur hingga 900 meter.

“Hari Minguu (10/1), ada catatan 29 kali guguran lava pijar maupun guguran lava dengan jarak luncur hingga 900 meter yang mengarah ke hulu Kali Sasak. Suara guguran terdengar dua kali dengan intensitas sedang sampai keras dari Pos Babadan, Magelang,” terang Hanik Humaida, Kepala BPPTKG, Senin (11/1/2021).

Sedangkan, data seismisitas mencatat ada 176 kali gempa guguran. Selain itu, gempa vulkanik dangkal juga tercatat sebanyak 44 kali, serta gempa teknonik jauh 3 kali. Hujan abu tipis juga terlihat di Kelurahan Glagaharjo.

“Terlihat hujan abu tipis hari Minggu (10/1) di Padukuhan Singlar, Kalitengah Kidul, Srunen, dan Kalitengah Lor. Seluruhnya di Glagaharjo. Hujan abu terjadi sekitar jam 20.00 WIB,” terang Makwan lewat pesan singkat (11/1/2021).

Hingga sekarang, Gunung Merapi masih berstatus Siaga Level III dan radius 5 km dari puncak ditetapkan sebagai radius berbahaya. BPPTKG juga mengeluarkan himbauan agar aktivitas di sungai-sungai yang berhulu di Gunung Merapi untuk dihentikan sementara.

Lihat Juga: Gunung Merapi Meletus, Warga Diminta Tidak Beraktivitas Dalam Radius 3 Km

Selain itu, kegiatan wisata di sekitar Merapi juga diminta untuk dihentikan dulu, termasuk pendakian ke Merapi. Pemerintah daerah setempat juga diminta untuk segera mempersiapkan mitigasi bencana karena salah satu gunung paling aktif satu ini dapat meletus kapan saja.

Sebelumnya, pada 4 Januari 2021 lalu kubah lava mulai terbentuk di lereng Merapi dan membuatnya tidak stabil. Hal berbeda dari erupsi tahun ini adalah kondisi kubah lava yang berbeda dari sebelumnya. Sehingga lava pijar langsung terbentuk saat magma keluar ke permukaan. Karena lokasi kubah lava Gunung Merapi terletak di lereng, akan terjadi guguran lava pijar terus menerus.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top