News

Gus Nur Ditangkap, GP Anshor : Terima kasih Polri

Gus Nur Ditangkap polisi

Gus Nur ditangkap Bareskrim Polri di rumahnya di Pakis, Malang, Jawa Timur, Sabtu (24/10/2020) dinihari.

Oleh petugas Dit Tipid Siber Bareskrim Gus Nur yang mempunya nama asli Suri Nur Rahardja langsung dibawa ke Jakarta.

Gus Nur diamankan atas tuduhan menyebarkan informasi untuk menimbulkan rasa kebencian dan permusuhan bernada SARA yang dilaporkan Ketua Pengurus Nahdlatul Ulama (NU) Cabang Cirebon Azis Hakim.

“Ia yang bersangkutan sudah diamankan untuk dimintai keterangannya oleh penyidik terkait laporan ujaran kebencian bernada SARA,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono, Sabtu (24/10/2020).

Sebelumnya Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono mengatakan, pihaknya masih melakukan proses administrasi terkait laporan pengurus NU Cirebon yang tertuang dalam laporan bernomor LP/B/0596/X/2020/BARESKRIM tanggal 21 Oktober 2020.

“Masih diproses nanti akan dilimpahkan ke bagian Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim. Tentunya nanti penyidik akan diproses penyelidikannya,” kata Argo, Kamis (22/10/2020).

Ketua Pengurus NU cabang Cirebon, melaporkan Gus Nur lantaran kerap melakukan ujaran kebencian terhadap NU di sebuah video beredar di media sosial (medsos).

“Dia memberikan pernyataan di sebuah video dalam satu momen dialog dengan Refli Harun yang isinya ujaran kebencian dan ketidaksukaan terhadap NU. Tidak hanya sekarang ini, tapi sering melakukan ujaran kebencian terhadap NU,” ucapnya.

Selain itu, ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas mengapresiasi gerak cepat Polri yang menangkap Sugi Nur Raharja alias Gus Nur hanya dalam empat hari pasca resmi dilaporkan ke Bareskrim Polri

“Mengapresiasi gercep (gerak cepat) Polri. Luar biasa kinerjanya. Orang-orang ngaku ustaz tapi keblinger seperti ini memang harus segera dibungkam. Terima kasih, Polri,” kata Gus Yaqut kepada wartawan, Sabtu (24/10).

Adapun Gus Nur disangkakan dengan pasal 27 ayat 3 UU ITE pasal 28 ayat 2 UU ITE Jo 310 KUHP, dengan ancaman hukuman penjara 6 tahun.

To Top