News

Hacker Bjorka Ancam Bocorkan Data Berisi Dokumen Rahasia Presiden RI

Hacker Bjorka Bobol Dokumen Rahasia Presiden RI

Sejumlah dokumen rahasia milik Presiden Joko Widodo diduga dibocorkan oleh hacker Bjorka pada Jumat (9/9/2022) malam.

Peretas yang sebelum mengaku sebagai pelaku peretasan 1,3 data registrasi SIM Card itu kini menargetkan Presiden RI. Lewat laman situsbreached.to, ia membagikan sejumlah dokumen yang diklaim milik Jokowi pada periode 2019-2021.

“Berisi transaksi surat tahun 2019 – 2021 serta dokumen yang dikirimkan kepada Presiden termasuk kumpulan surat yang dikirim oleh Badan Intelijen Negara yang diberi label rahasia,” tulis hacker Bjorka di laman tersebut.

Sebanyak 679.180 dokumen berukuran 40 MB Bjorka unggah dalam kondisi terkompres. Ia juga menyertakan beberapa sampel dokumen dalam unggahannya.

Lihat Juga: Data SIM Card Bocor, Yuk Cek Apakah Punya Kamu Aman!

Lewat grup telegram, Bjorka mengatakan data yang ia unggah itu bisa digunakan para jurnalis atau organisasi masyarakat yang ingin tahu dengan siapa Jokowi berinteraksi.

Namun Bjorka tidak menyertakan harga jual. Diduga ia hanya sekedar unjuk gigi untuk membuktikan bahwa dirinya bisa membobol data Presiden seperti yang diucapkan di Telegram.

Sampel Dokumen Rahasia yang Dibocorkan Hacker Bjorka

Sampel Dokumen yang Dibocorkan Hacker Bjorka
Sampel Dokumen yang Dibocorkan Hacker Bjorka

Bjorka menyertakan beberapa contoh dokumen yang berhasil ia bobol. Kata dia, isinya, “tittle of the letter, letters number, sender, receiver employee id, letter date etc. Berikut beberapa sampel dokumen yang dibagikan hacker Bjorka:

Lihat Juga: Diduga Kebocoran Data 279 Juta WNI Valid

  1. ‘Surat rahasia kepada Presiden dalam amplop tertutup’ yang dikirim oleh Badan Intelijen Negara (BIN) dan RI-1 sebagai penerima.
  2. ‘Surat rahasia kepada Mensesneg dalam amplop tertutup’ yang dikirim oleh BIN
  3. ‘Permohonan Jamuan Snack’ yang dikirim oleh Kepala Bagian Protokol dan Tata Usaha Pimpinan.
  4. ‘Permohonan Dukungan Sarana dan Prasarana’ yang dikirim oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan.
  5. ‘Gladi Bersih dan Pelaksanaan Upacara Bendera pada Peringatan HUT Ke-74 Proklamasi Kemerdekaan RI tahun 2019’ yang ditujukan kepada Kepala Biro Tata Usaha.
  6. ‘Permohonan Audiensi Kepada Menteri Sekretaris Negara Guna Menyampaikan Pandangan dan Ggaasan Mengenai Pembentukan Badan Pemasyarakatan dan Badan Pembiayaan Usaha Mikro Kecil dan menengah’. (Penulisan kata ‘Ggaasan’ typo bawaan dari contoh dokumennya), dengan nomor surat 1376/S.Sesmen/07/2019, yang dikirim oleh Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara.
  7. ‘Penjemput Inspektur Upacara Peringatan HUT Ke-74 Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2019 di Lingkungan Kementerian Sekretariat Negara dan Sekretariat Kabinet’. Dengan nomor surat M-65/TU/TU.00.04/07/2019, yang dikirim oleh Kepala Biro Tata Usaha.
  8. ‘Pemberhentian dari Jabatan Administrator dan Pengangkatan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Kementerian Sekretariat Negara’ nomor surat M-730/SDM/KP.01.02/07.2019, yang dikirim Kepala Biro Sumber Daya Manusia.
  9. ‘Penunjukan Plh. Deputi Hukum dan PUU Tanggal 2 s.d. 9 Agustus 2019 a.n HS, S.H., M.H.’, nomor surat 1776/M.Sesmen/08/2019, yang dikirim Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara.

Lihat Juga: Kominfo Dapat Pesan Pedas dari Hacker Bjorka: “Berhenti Jadi Idiot!”

Meski begitu, hacker Bjorka tidak memberikan rincian dokumen-dokumen tersebut pada bagian contoh yang diunggah itu.     

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top