News

Viral, Kabar Wanita Cianjur Hamil Tanpa Hubungan Seks

Viral, Kabar Wanita Cianjur Hamil Tanpa Hubungan Seks

Beberapa hari ini, viral sebuah kabar tentang seorang wanita asal Cianjur yang hamil tanpa hubungan seks. Dalam dunia medis, kondisi tersebut memang bisa terjadi namun jika ada proses inseminasi buatan atau kondisi lainnya. Kamungkinan lainnya yaitu berhubungan seks tapi tidak disadari, misalnya dalam kasus pemerkosaan yang disertai pembiusan.

Dalam hal ini, Hasto Wardoyo, SpOG seorang dokter spesial kandungan menerangkan, embrio dapat terbentuk apabila ada pertemuan sel telur dengan sperma. Dalam prose salami, pertemuan itu dapat terjadi karena hubungan seks.

“Secara fisiologis, terbentuknya embrio dapat secara seksual melalui pertemuan sel telur dan sperma. Hal ini dapat secara alami melakukan hubungan seks. Baik sadar, atau misalnya ada yang diperkosa disertai pembiusan sehingga tidak sadar,” terang dr Hasto dilansir dari Detikcom, Minggu (14/2/2021).

Secara medis, kehamilan tanpa hubungan seks bisa terjadi dengan mengandalkan inseminasi buatan. Dalam metode tersebut, sperma akan dimasukkan ke dalam rahim seorang wanita saat masa subur dengan bantuan tim dokter.

Metode lainnya yaitu In Vetro Fertilization (IVF) atau yang biasa dikenal dengan “bayi tabung”. Pada metode ini, pembuahan sel telur dan sperma dilakukan di luar rahim. Emrio yang terbentuk lalu diimplantasikan ke dinding rahin wanita tersebut sehingga terjadi kehamilan.

Menanggapi kejadian viral tentang wanita asal Cianjur yang hamil tanpa berhubungan seks, dr Hasto megtakan bahwa kasus tersebut bukanlah yang pertama kali. Dalam beberapa kasus lainnya, kontak seksual tetap ada, namun ada kemungkinan wanita tersebut tidak menyadarinya.

“Tidak hanya kali ini wanita mengaku tidak sama sekali berhubungan seks, namun hamil. Padahal sebenarnya terdapat konteks seksual,” ujarnya.

Lihat Juga: Tanda Tanda Kehamilan

Kasus hamil tanpa hubungan seks juga kerap dikaitkan dengan hal mistis oleh masyarakat. Namun, menurut sudut pandang ilmiah, kehamilan tidak bisa terjadi dengan cara tersebut.  Selain itu, menanggapi kasus yang terlanjur beredar di publik tersebut, dokter yang juga Kepala BKKBN menyinggung soal kondisi kejiwaan seseorang yang membuatnya mengalami delusi. Pada kondisi tersebut, seseorang memiliki keyakinan yang tidak dapat dibantah oleh orang lain walaupun salah.

To Top