News

Harga Minyak Mentah dan Kondensat per barel Turun

Harga Minyak Mentah dan Kondensat per barel Turun

Volume impor minyak mentah dan kondensat PT Pertamina (Persero) menurun. Hingga April lalu, volume impor minyak mentah dan kondensat Pertamina sebanyak 25 juta barel. Jumlah ini menurun sekitar 50% dibandingkan periode yang sama tahun lalu

Penurunan impor tersebut dikarenakan Pertamina sudah mulai memborong pembelian minyak mentah dan kondensat dalam negeri dari 32 Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS). Hingga April lalu, jumlahnya mencapai 132.000 barel per hari.

Harga minyak mentah berjangka Brent turun 1,52 dolar AS atau 2,5 persen, menjadi 58,29 dolar AS per barel. Acuan global minyak sebelumnya sempat turun menjadi 57,71 dolar AS per barel, tingkat terendah sejak 8 Oktober.

Sementara itu, harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) merosot 1,19 dolar AS atau 2,2 persen, menjadi 52,14 dolar AS per barel, setelah mencapai terendah sesi pada 51,66 dolar AS per barel, terlemah sejak 10 Oktober.

Harga minyak telah stabil dalam beberapa hari terakhir pada posisi terendah tiga bulan, karena investor mencoba menilai kerusakan ekonomi yang mungkin ditimbulkan oleh virus dan dampaknya terhadap permintaan minyak mentah dan produk-produknya. 

“Sampai tren kesehatan ini berbalik, tren turun tajam bulan ini pada minyak juga tidak mungkin berbalik,” kata Jim Ritterbusch, presiden Ritterbusch and Associates, dalam sebuah catatan.

Setelah penyelesaian transaksi di pasar, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, wabah virus korona di China, yang telah menewaskan 170 orang, merupakan keadaan darurat yang menjadi perhatian internasional.

Baca Juga : Regulasi dan Kebijakan Industri Minyak dan Gas “Migas” Indonesia

Amerika Serikat (AS) melaporkan kasus pertama penularan virus corona ke orang pada Kamis (30/1/2020), dengan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS mengonfirmasikan enam kasus.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top