News

Hari Ini, Presiden Lantik Fadjroel Rachman Jadi Dubes Kazakhstan

Hari Ini, Presiden Lantik Fadjroel Rachman Jadi Dubes Kazakhstan

Presiden RI Joko Widodo melantik calon Duta Besar RI untuk negara-negara sahabat pada pagi ini. Salah satu yang akan dilantik Presiden Jokowi adalah Fadjroel Rachman jadi Duta Besar RI untuk Kazakhstan.

Informasi terkait pelantikan calon Duta Besar tersebut disampaikan oleh Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono melalui pesan singkat, Senin (25/10/2021). Selain itu, ada pula nama Rosan Roeslani yang akan dilantik jadi Dubes RI untuk Amerika Serikat (AS). Total sebanyak 17 dubes akan dilantik pada hari ini.

“Dubes Kazakhstan, Rosan Roeslani Dubes Amerika Serikat. Febriarn A Ruddyard Dubes PBB di Jenewa. Armanatha Nasir Dubes PBB,” kata Heru.

Lihat Juga: Dubes RI Minta WNI Segera Tinggalkan Myanmar

Juru Bicara Kementrian Luar Negeri Indonesia, Teuku Faizasyah, sebelumnya juga telah menyampaikan terkait rencana pelantikan hari ini. Pelantikan dilakukan setelah calon dubes mendapat persetujuan dari negara sahabat.

“Memang dalam waktu dekat bakal ada pelantikan sejumlah dubes yang sudah mendapat persetujuan dari negara yang diakreditasikannya,” ujar Faizasyah, seperti dikutip dari detikcom, Senin (25/10/2021).

Komisi I DPR RI sebelumnya juga menggelar uji kelayakan kepada 33 calon Duta Besar RI pada 12-14 Juli 2021. Uji kelayakan tersebut digelar dalam beberapa sesi. Sejumlah nama yang mengikuti uji kelayakan tersebut adalah Rosan Roeslani, Arrmanatha Nasir, Fadjroel Rachman hingga Zuhairi Misrawi.

Resmi Dilantik Jokowi Hari Ini

Presiden Joko Widodo resmi melantik Dubes RI untuk sejumlah negara sahabat. Total terdapat 17 Duta Besar RI yang dilantik pada hari ini. Pelantikan tersebut dilakukan di Istana Negara, Jakarta Pusat pada Senin (25/10/2021). Acara digelar dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Lihat Juga: Merasa Ditikam, Prancis Tarik Dubesnya Dari AS-Australia

Acara pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang kemudian dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan. Lalu, Presiden Jokowi memimpin pembacaan sumpah pelantikan pada dubes yang dilantik. Acara ini berlangsung dengan khidmat.

Dari 17 nama yang dilantik hari ini, nama Fadjroel Rachman menjadi salah satunya. Sebelumnya Fadjroel merupakan juru bicara Presiden.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top