News

Heboh Lagu Indonesia Raya Diparodikan Youtuber Malaysia

Heboh Lagu Indonesia Raya Diparodikan Youtuber Malaysia

Media sosial kembali dihebohkan oleh seorang Youtuber, kali ini lagu Indonesia Raya viral karena dibuat sebagai parodi. Lirik lagu tersebut juga diubah dengan kata-kata negatif, bahkan beberapa kalimat justru bernada penghinaan.

Bukan itu saja, lambang Garuda Pancasila juga turut diubah menjadi gambar ayam, ada pula gambar dua orang anak kecil yang sedang membuang air ke arah bendera Merah Putih. Video viral tersebut diunggah di kanal YouTube bernama My Asean. Diketahui akun tersebut berlokasi di negara Malaysia dengan foto profil yang menampilkan bendera negara tetangga Indonesia itu.

Pada video tersebut terlihat gambar ayam berlambang Pancasila dengan backgound warna merah putih. Lalu video diawali oleh suara ayam berkokok, dengan aransemen lagu yang mirip dengan lagu Indonesia Raya. Sedangkan secara garis besar isi liriknya berupa penghinaan terhadap Indonesia dan menyinggung Presiden Jokowi serta Presiden Soekarno.

“Ban**atlah rakyatmu, hinalah negerimu, untuk Indognesial jahanam.” Bunyi salah satu kalimat dalam video tersebut.

Lihat Juga: Malaysia Claim Dominasi Kasus Baru Covid-19 Merupakan Impor dari Indonesia

Saat ini video tersebut sudah tidak bisa ditemukan, karena kabarnya YouTube telah menurunkan video tersebut.

Namun, para netizen Indonesia sudah terlanjur geram karena aksi tersebut. Mereka ramai-ramai mengecam tindakan tidak terpuji itu. Menurut netizen, memparodikan lagu kebangsaan saja sudah dianggap sebagai sebuah bentuk ejekan, apalagi mengubah liriknya.

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia melalui juru bicaranya, Teuku Faizasyah, menyatakan bahwa kasus tersebut telah diurus oleh Polisi Diraja Malaysia untuk mencari siapa pelakunya.

“Berkoordinasi dengan pihak PDRM menelusuri dan mencari pelakunya karena ini kan suatu hal yang memang menjadi perhatian di masyarakat kita, di Indonesia,” ungkap Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI KL, Yoshi Iskandar.

Selain itu, Kedutaan Besar Malaysia juga berjanji bakal menindak tegas pelaku yang memparodikan lagu Indonesia Raya tersebut.

“Jika ternyata video tersebut diunggah oleh seorang warga negara Malaysia, akan dilakukan tindakan tegas berdasarkan ketentuan hukum setia yang ada,” tulis Kedubes Malaysia.

“Pemerintah Malaysia mengecam keras setiap pelanggaran dan provokasi negatif yang bermaksud mempengaruhi kedekatan hubungan bilateral antara Malaysia dan Indonesia,” tambahnya.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top