News

Heboh Penemuan Bangkai Mirip Hewan Mitologi Gajah Mina

Heboh Penemuan Bangkai Mirip Hewan Mitologi Gajah Mina

Bangkai hewan laut dengan ukuran cukup besar serta berbentuk aneh ditemukan mengapung di perairan Natuna. Temuan tersebut diketahui berlokasi di Desa Kelanga, Kec Bunguran Timur Laut, Kab Natuna. Penemuan bangkai hewan di laut yang disebut mirip dengan makhluk mitologi Gajah Mina itu sempat menggemparkan warga setempat.

Rekaman video amatir yang menampilkan momen itu pun ikut menjadi pembicaraan di media sosial. Video itu sendiri menjadi viral usai tersebar di aplikasi berbagi pesan WhatsApp sejak Sabtu (20/3/2021)  lalu.

Informasi soal penemuan bangkai hewan aneh itu pun juga sampai ke pihak berwenang. Iptu Khairul, Kasat Intel Polres Natuna  mengonfirmasi adanya temuan hewan yang dibilang mirip Gajah Mina tersebut oleh warga.

Walau begitu, pihak kepolisian belum bisa memastikan apakah hewan tersebut benar-benar ikan Gajah Mina seperti yang dikatakan masyarakat atau hewan lain. Saat ditemukan, hewan aneh tersebut sudah dalam kondisi rusak dan sebagian dagingnya pun sudah hilang.

Diketahui, dari beberapa sumber informasi, Gajah Mina adalah salah satu jenis ikan yang bentuknya seperti gajah. Hewan ini juga memiliki belalai di wajah, gading, serta telinga lebar seperti gajah di darat. Makhluk legenda ini sudah dikenal luas oleh pelaut Indonesia dan Malaysia. Dalam bahasa lain, dikenal juga dengan nama Fish Elephant yang berarti Ikan Gajah.

Sebagian masyarakat di Indonesia, terutama dalam kebudayaan Hindu Bali, hewan ini adalah salah satu dari tujuh macam hewan mitologi. Bentuknya pun sering digambarkan pada ukiran di dinding-dinding bangunan candi sebagai ornamen.

Lihat Juga: Mitologi Naga Dalam Legenda Cina

Pihak kepolisian bersama BPBD Natuna menguburkan bangkai hewan sepanjang 12 meter itu dengan eksavator, karena menimbulkan aroma tidak sedap.

“Kondisi ikan tersebut perutnya sudah pecah. Ekornya udah kelihatan tulang belulang. Sama pula dengan kepala ikan itu,” kata Riky Rinovsky, anggota Tim Relawan Penjaga Laut Natuna dikutip dari Batamnews, Senin (22/3/2021).

“Itu sebetulnya ikan paus. Yang bentuk gading adalah rahangnya. Gajah Mina merupakan mitos,” kara Kadiskominfo Natuna, Raja Darmika.

Menurut keterangannya, selama ini memang belum ada ahli di bidang hewan laut yang melakukan penelitian terkait keberadaan jenis paus tersebut di Natuna. Menurutnya, ikan paus tersebut mati dan terbawa arus hingga ke pesisir pantai kemudian tersangkut di belat yang merupakan jenis alat tangkap ikan.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top