News

Heboh Ustadz Khalid Basalamah Sebut Wayang Haram, Ini Tanggapan Dedi Mulyadi hingga Gurita Bisnisnya

Heboh Ustadz Khalid Basalamah Sebut Wayang Haram, Ini Tanggapan Dedi Mulyadi hingga Gurita Bisnisnya

Ustadz Khalid Basalamah sedang menjadi sorotan di media sosial. Hal tersebut karena pernyataannya dalam sebuah video yang mengatakan bahwa wayang dilarang. Video tersebut diduga adalah video ceramahnya yang lama dan tersebar kembali.

Terkait ucapannya itu sejumlah tokoh pun langsung mengomentarinya. Salah satunya budayawan asal Sunda Dedi Mulyadi. Mengerutnya, pernyataan wayang haram sangat menggelitik.

Menurut anggota DPR RI ini, banyak pelajaran hidup dan filosofi yang bisa diambil saat menonton pertunjukan wayang. Salah satunya soal memaknai hidup hingga kepemimpinan.

Dedi memberikan contoh, dalam wayang golek terdapat tokoh punakawan yaitu Semar Badranaya, Astrajingga, Dawala dan Gareng yang kental akan kisah pengabdiannya pada pemimpin. Bukan hanya itu, ada juga kesatria yang teguh dalam pendiriannya namun tewas di medan perang, yaitu Raden Gatotkaca.

Ada pula tokoh-tokoh seperti Begawan Abiyasa yang membela Astina karena kewajiban kenegaraannya walaupun hatinya menolak. Meski begitu, Dedi mengatakan wayang menjadi haram jika dimakan.

 “Kalau saya sederhana saja. Benar itu pernyataan Pak Ustadz wayang itu haram. Betul sekali wayang kulit, wayang golek plus gamelannya haram. Haram kalau dimakan,” kata Dedi Mulyadi.

Deretan Bisnis Ustadz Khalid Basalamah

Terlepas dari kontroversinya soal wayang haram, ustadz Khalid Basalamah mempunyai profesi lain sebagai seorang pebisnis. Ia memang mempunyai deretan perusahaan.

Usaha Khalid Basalamah yang paling terkenal yakni bisnis kuliner bernama Ajwad Resto. Restoran tersebut menawarkan hidangan khas Timur Tengah dengan olahan daging kambing sebagai menu andalan. Ia mengaku tertarik membuka restoran khas Timur Tengah karena melihat banyaknya rumah makan khas negara lain di Indonesia, seperti Jepang dan Korea.

Bukan saja kuliner, bisnis Khalid Basalamah juga tersebar di beberapa sektor, mulai kuliner, media sampai property. Bisnis-bisnisnya tersebut bernaung di bawah Gazwah Enterprise.

Untuk usaha media maupun relasi, Khalid mendirikan KHB Digital Studio dan Gazwah TV. Di usaha ini ia memproduksi program Islami seperti ceramah langsung, kajian, dakwah digital sampai sinema pendek.

Lihat Juga: 12 Hal Yang Harus Anda Ketahui Untuk Menumbuhkan Bisnis Digital Anda

Salah satu usaha yang cukup unik milik Khalid Basalamah adalah biro jodoh bernama Mawaddah Indonesia. Selain itu, ia juga mempunyai usaha wedding organizer biro travel umroh dan haji.

Bahkan tahun lalu, dia mendirikan Asosiasi Mutiara Haji yaitu kumpulan biro travel umroh dan haji. Dirinya juga dikabarkan sedang merencanakan untuk berbisnis properti.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top