News

Heboh, Video Penemuan Gunung Emas Di Kongo Yang Hebohkan Dunia

Heboh, Video Penemuan Gunung Emas Di Kongo Yang Hebohkan Dunia

Sebuah video sekelompok orang berkumpul menggali dan memunguti tanah menggunakan sekop di dekat lubang galian menjadi viral di berbagai media sosial. Dalam video tersebut disertakan narasi yang menyebut bahwa orang-orang tersebut sedang menggali  gunung emas.

Selain itu, ada juga video yang memperlihatkan orang-orang yang tengah mencuci bongkahan emas yang didapatkan. Salah satu akun yang mengunggah video tersebut adalah @makassar_iinfo.

“Gunung ini mengandung sembilan puluh persen emas. Ditemukan di Republik Demokratik Kongo, Kongo penuh dengan kekayaan alam termasuk minyak, kayu, berlian dan mineral,” tulis keterangannya.

Menjadi Viral Di Twitter

Video tersebut menjadi viral di media sosial setelah diunggah oleh akun Ahmad Algohbary, seorang jurnalis lepas yang membagikannya di Twitter.

“Sebuah video dari Republik Kongo mendokumentasikan kejutan terbesar bagi beberapa warga desa di negara ini. Saat gunung emas ditemukan! Mereka menggali tanah di dalam endapan emas dan membawanya ke rumah mereka untuk membersihkan kotoran dan mengekstraksi emas,” tulis Ahmad Algohbary.

Namun, Ahmad dalam postingan Twitternya saat ditanya oleh jurnalis BBC London mengatakan bahwa video itu bukan diambil oleh dirinya. Akan tetapi, menurutnya video tersebut sudah menyebar di media sosial sebelumnya, dan salah satunya diunggah di YouTube oleh chanel 2nacheki.

BBC menyebutkan, meskipun video itu menjadi viral sejak Selasa (2/3/2021), namun kontributor BBC di Kongo, Byonde Malenga mengatakan peristiwa itu terjadi pada Sabtu (27/2/2021).

Gunung Emas Tersebut Adalah Wilayah Pertambangan

Menurut keterangan Malenga, kejadian itu terjadi di gunung salah satu desa yang berjarak 35 km dari utara Bukavu, Ibu Kota Kivu, Kongo. Kini pemerintah setempat telah mengirim aparat keamanan ke daerah tersebut untuk mengembalikan ketertiban dan mengumpulkan kembali emas yang sebelumnya dibawa oleh warga desa.

Kongo memang terkena dengan mineral dan logam mulia, salah satunya emas. Sedangkan gunung emas yang menjadi lokasi penjarahan tersebut berada di kawasan pertambangan yang terdaftar dengan pekerja resmi. Sementara itu, mengutip dari Reuters, Vernant Burume Muhigirwa, Menteri Pertambangan negara bagian Kivu Selatan mengonfirmasi penemuan tersebut telah mengakibatkan demam emas.

Lihat Juga: Video Viral Warga Satu Desa Di Tuban Borong Ratusan Mobil

Akibatnya, pada Senin (1/3/2021) telah dikeluarkan larangan untuk menghentikan aktivitas penambangan apapun di desa Kivu Selatan. Selain itu, kelompok penambang, pedagang, maupun anggota angkatan bersenjata (FARDC) juga diminta untuk meninggalkan lokasi tambang hingga waktu yang belum ditentukan.

Muhigirwa mengatakan penghentikan ini untuk memastikan para penambang tradisional terdaftar di regulator pertambangan. Sedangkan kehadiran FARDC dilarang di bawah kode pertambangan Kongo karena dianggap bisa memicu kekacauan.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top