News

Helikopter Jatuh Di Danau Buperta, Pilot Dan Penumpang Selamat

Helikopter Jatuh Di Danau Buperta, Pilot Dan Penumpang Selamat

Pilot dan seorang penumpang selamat dari helikopter jatuh di Danau Buperta, Cimanggis, Depok pada Jumat (28/5/2021).

“2 penumpang baik itu pelatih serta penumpang muridnya berhasil selamat,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunud kepada awak media, Jumat (28/5/2021).

Berdasarkan penuturan Yusri, pilot beserta penumpangnya itu selamat setelah sebelumnya berputar di atas Danau Buperta karena helikopter latih yang digunakan mengalami masalah.

Lihat Juga: Helikopter Basarnas jatuh di Temanggung

“Dari keterangan saksi, usai 3 kali berputar di atas rawa tersebut terdapat trouble kemudian jatuh di rawa itu,” ujar Yusri.

Mengutip dari Tribun Jakarta, salah saorang saksi di lokasi kejadian, Alex, mengaku sempat menyaksikan helikoter jatuh itu lebih dulu terbang rendah.

“Iya betul kejadian jam 09.45 WIB. Helikopter berwarna hitam jatuh dipinggi danau. Untuk jenisnya kurang tahu sebab saya juga sedang memancing,” tutur Alex mengutip dari Tribun Jakarta, Sabtu (29/5/2021).

Usai terbang rendah, tidak lama berselang terlihat dua awak keluar dari helikopter yang telah jatuh ke Danau Buperta. Dua awak itu menyelamatkan diri dan berenang ke tepi danau usai badan kelikopter tersebut tenggelam.

“Sempat tenggelam selama 1 menit, lalu ada 2 orang di dalamnya berenang ke pinggir,” ujar Alex.

Menurut Alex, helikopter jatuh itu posisinya tidak jauh dari tepi danau, sedangkan dua orang awak helikopter terlihat memakai baju sipil.

Beberapa saksi mata lain mengatakan, helikopter tersebut tidak mengeluarkan asap atau meledak walau terdengar mesin masih menyala. Baru setelah masuk ke dalam danau, mesinnya mati.

Helikopter Jatuh Di Depok Telah Dievakuasi

Helikopter yang diketahui berjenis Robinson R44 PK-RTO itu milik Genesa Flight Academy itu telah berhasil dievakuasi. Setelah diangkat, kondisi salah satu baling-baling helikopter tersebut terlihat bengkok bahkan nyaris patah.

Usai di angkat, helikopter itu langsung ditutup terpal. Kompol Ibrahim Sadjab, Kapolsek Cimanggis mengatakan evakuasi tersebut dilakukan bersama tim KNKT (Komisi Nasional Keselamatan Transportasi). Selain itu, ia juga mengatakan proses evakuasi berhasil dilakukan tanpa kendala dan berlangsung cukup singkat.

“Tak susah sebab lokasinya di tepi. Baling-balingnya bengkok,” tutur Ibrahim kepada wartawan, Sabtu (29/5/2021).

Selain itu, proses evakuasi juga tak mengalami kendala meskipun helikopter jatuh di dalam air dan miring ke sebelah kiri.

“Posisi pintu kanan di atas,” terangnya.

To Top